Kudus  

Legalisir Cukup Bawa Dokumen Asli dan Fotokopi

Pelayanan di Kantor Disdukcapil Kudus
Suasana pelayanan di Kantor Disdukcapil Kudus.

KUDUS Untuk mengajukan permohonan legalisir dokumen kependudukan, masyarakat hanya memerlukan fotokopi dokumen yang ingin dilegalisir dan dokumen aslinya.

Hal tersebut disampaikan Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus, Eko Heri Djatmiko melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Agus Sumarsono.

“Kami butuh dokumen asli untuk mencocokkan data dengan dokumen yang ingin dilegalisir,” ujarnya kepada Lingkar Jateng.

Pengecekan data ini diperlukan, agar nantinya tidak terjadi kekeliruan yang bisa merugikan pemohon maupun Disdukcapil sendiri.

Untuk jumlah dokumen yang ingin dilegalisir, pihaknya tidak membatasi. Dan apabila syarat sudah terpenuhi dan tidak ada kendala teknis lainnya, Legalisir dokumen kependudukan hanya memerlukan waktu 10-15 menit. Serta pemohon tidak dipungut biaya alias gratis. “Seluruh pelayanan kami pastikan gratis,” tandasnya.

Baca juga:  Pemkab Kudus Pantau Perkembangan Perbaikan Stadion Tim Macan Muria

Dalam sehari pihaknya mampu melegalisir lebih dari 40 dokumen. “Untuk hari-hari biasa, biasanya permohonan legalisirhanya sekitar 10an. Namun, ketika ada pendaftaran CPNS, pendaftaran sekolah hingga lamaran pekerjaan, bisa hingga 40 dokumen lebih,” ujarnya.(adv)