Kudus  

Program 2 in 1, Urus Akta Kelahiran Dapat KK

Petugas menunjukkan sejumlah dokumen kependudukan
Petugas menunjukkan sejumlah dokumen kependudukan yang bisa diurus dalam sekali jalan.

KUDUS – Bagi warga Kabupaten Kudus yang ingin mengurus akta kelahiran, selain mendapatkan akta juga mendapatkan kartu keluarga (KK). Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus, Titit Sri Harjanti.

“Kami ada program 2 in 1. Bagi pemohon yang anaknya baru lahir dan belum tercantum di KK, mendapatkan akta kelahiran dan KK yang diperbarui,” ujarnya.

Selamat Idulfitri 2024

Ia menjelaskan, program ini telah berjalan lebih dari tiga tahun. Adapun dokumen yang harus dipersiapkan sebagai persyaratan, ialah Surat Keterangan Kelahiran yang dikeluarkan oleh bidan desa, puskesmas, rumah sakit atau kepala desa setempat.

Baca juga:  Kampung Ramadan Jadi Wadah Pemberdayaan UMKM

Persyaratan selanjutnya, yaitu fotokopi buku nikah orang tua anak yang telah dilegalisir oleh kantor urusan agama (KUA) setempat dan yang terakhir adalah KK asli. “Kita memerlukan KK asli karena akan kami perbarui. KK yang sebelumnya tidak mencatat anak, berubah dengan mencantumkan anak dalam KK baru,” terangnya. (adv)