Kudus  

Mengenal KIA, KTP Untuk Anak

KUDUS – Kartu Identitas Anak (KIA) adalah identitas resmi untuk anak yang belum genap 17 tahun atau belum menikah. Kartu ini dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten atau Kota. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kudus Eko Hari Djatmiko melalui Kepala Seksi Pindah Datang dan Pendataan Agus Sumarsono mengatakan, sebelum adanya Peraturan Menteri ini, anak tidak mempunyai kartu identitas resmi seperti halnya KTP bagi orang dewasa. KIA itu juga berlaku secara nasional dan terintegrasi dengan Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan.

Baca juga:  16 Lilin Kasih Sayang Hangatkan HUT KB Permata Bunda

“Seperti yang telah diamanatkan oleh Undang-undang, kita sebagai pemerintah diwajibkan untuk memberikan identitas kepada anak sebagai perlindungan dan pemenuhan hak konstitusi. Tujuannya seperti e-KTP, yaitu sebagai identitas resmi. Formatnya pun tidak akan jauh berbeda dengan e-KTP. Hanya, akan ada penambahan nama kepala keluarga,” ujarnya ketika ditemui di kantornya beberapa hari yang lalu.

Dengan adanya KIA ini, ia berharap mampu mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik.

“Orang itu kalau soal anak biasanya nomor satu. Dengan mereka mengurus KIA, nanti akan ketahuan warga yang belum tertib administrasi kependudukan. Dan diharapkan mendorong warga untuk lebih tertib administrasi,” tandasnya. (adv)