HM. Hartopo Dorong Pramuka Berinovasi dan Menyesuaikan Perkembangan Zaman

  • Bagikan
Plt. Bupati Kudus HM Hartopo memberikan piala kepada salah satu siswa
Plt. Bupati Kudus HM Hartopo memberikan piala kepada salah satu siswa saat upacara HUT Pramuka.

KUDUS- Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo menyampaikan kepada ratusan siswa dan guru yang tergabung dalam Gerakan Pramuka untuk selalu berkreasi dan berkarya. Hal tersebut disampaikannya pada upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-58 Gerakan Pramuka tingkat Kabupaten Kudus.

“Teruslah berkarya dan berkreasi dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif. Karena saya yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang kreatif, tangguh, unggul dan kuat,” ujarnya saat memimpin upacara di Lapangan Tanjungkarang, Jati, Selasa (17/9). 

Karena, menurutnya gerakan pramuka berperan penting untuk membangun bangsa dan negara. Dengan gerakan pramuka, akan tumbuh generasi bangsa yang mempunyai karakter, sikap mental, kecakapan dan keterampilan dalam menghadapi permasalahan di masa mendatang.

Serta, sebagai pendidikan non-formal, Gerakan Pramuka melengkapi pendidikan formal. Dengan  memberi pendidikan karakter, mental, kedisiplinan serta mendidik untuk mempunyai jiwa kepemimpinan. “Gerakan Pramuka berperan mengasah mental, membentuk karakter dan melatih generasi muda untuk menjadi pemimpin,” ungkapnya.

Maka dari itu, ia mendorong Gerakan Pramuka untuk selalu berinovasi dan menyesuaikan kondisi serta perkembangan zaman. Agar Gerakan Pramuka tidak ditinggal dan ketinggalan.

“Mengingat akan pentingnya gerakan pramuka sebagai wadah, tempat mendidik kader-kader bangsa, maka revitalisasi dan peningkatan pembinaan gerakan pramuka sudah seharusnya terus dapat dijadikan bagi kita semua yang berkecimpung di dalamnya. Sistem pendidikan kepaduan harus disesuaikan dengan keadaan dan perkembangan zaman,” katanya.

Selain itu, H.M Hartopo mengajak Gerakan Pramuka untuk berperan aktif dalam upaya bela negara. Serta membentengi generasi muda dari paham yang menggerogoti nasionalisme bangsa dan negara. 

Dalam upacara tersebut, H.M. Hartopo juga menyematkan lencana dan memberikan piagam penghargaan kepada siswa sebagai anggota Gerakan Pramuka berprestasi. Tunas-tunas bangsa berprestasi seperti itulah yang diharapkan mampu membawa Negara Indonesia ke arah yang lebih baik. (adv/cr3/lut)

  • Bagikan