Kudus  

Ciptakan Sinergitas Guna Pembangunan Kudus yang Berkelanjutan

Pimpinan daerah saat sosialisasi RPJMD di pendapa kabupaten
Plt Bupati Kudus HM Hartopo bersama jajaran pimpinan daerah saat sosialisasi RPJMD di pendapa kabupaten.

Pemkab lewat Bappeda Sosialisasikan RPJMD

KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Bappeda menggelar sosialisasi tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kudus 2018-2023, bertempat di Pendopo Kabupaten, pada Selasa (24/9) pagi. Melalui kegiatan itu diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan aparatur desa dan kelurahan untuk menyusun program pembangunan di desa dan kelurahan yang terintegrasi.

Iduladha

Kepala Bappeda Kabupaten Kudus Sudjatmiko mengatakan, sosialisasi RPJMD diselenggarakan dengan maksud dan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang arah pembangunan daerah dalam jangka waktu 5 tahun kedepan. Selain itu, memberikan gambaran ke mana pembangunan akan diarahkan dan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca juga:  Triwulan Pertama, Penggadai di Kudus Didominasi Emas

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, Forum sosialisasi RPJMD merupakan wadah yang efektif untuk meningkatkan persamaan persepsi pemangku kepentingan terhadap program pembangunan daerah Kabupaten Kudus 2018-2023. Selain itu, dirinya juga menyebut sosialisasi RPJMD bermanfaat untuk menyelaraskan target sasaran pembangunan dari pemerintah, swasta dan masyarakat, sehingga program – program pembangunan bisa terlaksana secara maksimal.

“Acara sosialisasi RPJMD ini, sebagai wadah yang sangat bermanfaat efektif bagi program pembangunan Kabupaten Kudus dalam 5 tahun kedepan,” ujar HM Hartopo

Dirinya menyebut dengan acara ini dapat menyelaraskan program pemerintah mulai dari tingkat desa sampai dengan kabupaten sesuai dengan visi dan misi Kudus. Yaitu mewujudkan Kudus Bangkit Menuju Kabupaten Modern, Religius, Cerdas dan Sejahtera.

Baca juga:  Kemenag Kudus: Madrasah Aman dan Sehat untuk Ciptakan Generasi Emas 2045

Untuk itu, pihaknya berharap semua pemangku kepentingan dapat melakukan sinkronisasi dan harmonisasi seluruh data, informasi, dan rencana pembangunan daerah yang tersaji pada dokumen rancangan awal RPJMD tahun 2018-2023.

“Melalui sosialisasi ini, saya berharap dapat dibangun keterpaduan dan sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah, dari berbagai pemangku kepentingan sesuai dengan tupoksi, sehingga dapat dihasilkan rumusan prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan pada lima tahun kedepan, untuk mewujudkan pembangunan Kudus yang berkelanjutan,” ujarnya.(adv/lut)

DPRD Batang