Disurvei BPS, Disdukcapil Paparkan Program

  • Bagikan
Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau pelayanan di kantor disdukcapil Kudus
Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau pelayanan di kantor disdukcapil Kudus.

KUDUS – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus beberapa waktu lalu didatangi rombongan dari Badan Statistik Nasional (BPS). Dalam kesempatan itu, BPS mencoba menyurvei tentang pelayanan Disdukcapil Kudus kepada masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kudus Eko Hari Djatmiko mengatakan, BPS melakukan survei selama dua minggu lebih. “Dari 3 September hingga 20 September,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Eko juga memaparkan berbagai program dan inovasi Disdukcapil yang telah dilakukan dan standar pelayanan Disdukcapil Kudus. Dari Jempol Dukcapil, yaitu program jemput bola ala Disdukcapil Kudus. DeliveryOlder, yaitu, program antar jemput dokumen kependudukan yang telah jadi kepada masyarakat. Hingga program Desa Satelit yang menempatkan petugas di desa pelosok Kabupaten  Kudus.

Survei ini, menggunakan berbagai metode pengumpulan data yang didapatkan dari identifikasi dan responden. Dengan wawancara langsung maupun tidak langsung dengan masyarakat serta data kepuasan masyarakat terhadap Disdukcapil.

Selain itu, survei juga mengukur tiga jenis pelayanan yang ada di Dinas Dukcapil Kabupaten Kudus. Dalam survei tersebut, setidaknya ada dua hasil yang didapatkan BPS. Pertama Indeks Kualitas Pelayanan dan Indeks Anti Korupsi.Dengan adanya survei ini, Eko berharap pelayanannya kepada masyarakat semakin baik dan akhirnya dapat memuaskan masyarakat.(adv)

  • Bagikan