Kudus  

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, HM Hartopo Ajak Generasi Penerus Jaga Pancasila

Plt Bupati Kudus HM Hartopo didampingi Kepala Dinas Kominfo Kudus Kholid Seif (kanan) diwawancarai awak media usai pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

KUDUS – Plt Bupati Kudus HM Hartopo menjadi inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Pendapa Kabupaten Kudus Selasa (1/10/2019). Upacara tersebut mengambil tema Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia.

Ideologi Pancasila merupakan falsafah bangsa Indonesia yang sudah final dan tidak boleh di tawar-tawar lagi. Pancasila merupakan konsensus nasional yang sudah disepakati oleh masyarakat Indonesia yang beragam untuk menjaga kerukunan, membangun kedamaian untuk menghindari kerusakan, perpecahan maupun pertumpahan darah.

Iduladha

Menjaga Pancasila sebagai pedoman bagi bangsa tentunya bukan sekedar menjaga warisan para pendahulu, tetapi juga amanat sebagai warga negara untuk menjaga bangsa ini dari kerusakan dan pertumpahan darah akibat perpecahan.

Baca juga:  10 SD/MI di Kudus Terpilih Ikuti Program Sekolah Mitra

Dalam sejarahnya, Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965 berkaitan erat dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S). Dalam peristiwa berdarah tersebut, enam jenderal TNI AD dan satu perwira pertama TNI AD menjadi korban meninggal.

HM Hartopo berharap dengan diperingatinya peristiwa bersejarah tersebut, dapat menjadi pelajaran penting bagi generasi penerus agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan meskipun berbeda-beda, seperti yang tertuang dalam teks Pancasila yang sudah kita sepakati bersama.

“Hari Kesaktian Pancasila merupakan peristiwa penting untuk menjadi pelajaran bagi kita sebagai generasi penerus, selain untuk mengenang perjuangan para pahlawan revolusi, tetapi juga untuk menjaga agar G30S tidak dapat terulang lagi,” ujarnya.

Baca juga:  Hukum Seseorang yang Bernazar Dibarengi dengan Kurban

Tampak hadir dalam upacara tersebut, Unsur Forkopimda, Sekda Kabupaten Kudus, Asisten Sekda , kepala OPD beserta camat. Selain itu, juga diikuti ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Kudus, Unsur TNI Polri, Pelajar serta beberapa Organisasi kepemudaan di Kabupaten Kudus.(adv/lut)

DPRD Batang