Apa Sih Program PS2H, Ini Penjelasan Disdukcapil Kudus

  • Bagikan
Kepala Bidang Informasi dan Pengelolaan Data Disdukcapil Kudus Busono
PAPARKAN: Kepala Bidang Informasi dan Pengelolaan Data Disdukcapil Kudus Busono saat memberikan pengarahan kepada peserta sosialisasi. (UMAR HANAFI/LINGKAR JATENG)

KUDUS– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus mensosialisasikan program Pencatatan Sipil dan Statistik Hayati (PS2H). Program ini, adalah program dari Kementerian Kesehatan yang bekerja sama dengan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

“Program ini mendata tiga katagori. Kelahiran, kematian, dan penyebab kematian. Data-data ini nantinya akan menjadi acuan Kementerian Kesehatan dalam membuat kebijakan. Misalnya, orang meninggal akibat HIV/AIDS, Kementerian Kesehatan nantinya mempunyai data tentang HIV/AIDS dan dapat menanggulangi dengan data tersebut,” bebernya.

Program PS2H ini adalah tugas dari bidan desa. Namun, ia mengajak semua hadirin untuk membantu dan menyukseskan program ini. “Mari semunya membantu program dari Kementerian Kesehatan in. Khususnya perangkat desa,” ucapnya.

Selain itu, Busono juga memaparkan 10 program kependudukan yang sudah berjalan. Mulai dari Sibulang Mahir, Wasalam, Rumah Paman Capil hingga Desa Satelit. “Program-program ini untuk memudahkan masyarakat yang pengurus permohonan pembuatan Adminduk,” katanya.(adv)

  • Bagikan