Berkas Diserahkan, Tunggu Fit and Proper Test

SERAHKAN: Sri Sumarni saat menyerahkan berkas balon bupati di kantor DPC PDI P beberapa waktu lalu. (MUHAMAD ANSORI/LINGKAR JATENG)

Penjaringan Cabup-Cawabup PDI Perjuangan

GROBOGAN– Berkas proses penjaringan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati masih dalam verifikasi oleh DPD PDIP dan DPP PDI Perjuangan. Ada satu balon bupati dan tujuh wakil bupati yang mendaftar lewat partai berlambang banteng moncong putih itu.

Selamat Idulfitri 2024

Sekretaris Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati DPC PDI Perjuangan Kabupaten Grobogan 2020-2024 Yoyok Prihantoro mengatakan, pihaknya telah menyerahkan berkas balon ke pengurus DPD PDI Perjuangan Jateng untuk selanjutnya diserahkan ke DPP.

“Peyerahan berkas sudah kita kirim 8 Oktober lalu. Satu berkas dari balon bupati dan tujuh berkas balon wakil bupati,” katanya.

Yoyok menjelaskan, berkas balon tersebut nantinya diverifikasi oleh Pengurus DPP PDI Perjuangan. Kemudian dua orang mendapat rekomendasi mendaftar sebagai calon bupati maupun wakil bupati dalam Pilkada Kabupaten Grobogan tahun depan.

“Yang mentukan nanti DPP ini masih proses. Nanti para calon akan mengikuti fit and propper test di DPP,” imbuhnya.

Menurutnya, semua balon memiliki peluang untuk dipilih menjadi pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung oleh PDI P. “Semua punya peluang untuk dapat rekomendasi. Setelah rekomendasi kita daftarkan ke KPU Grobogan,” pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun, satu orang yang mendaftar untuk posisi Bupati Grobogan. Yakni, Sri Sumarni yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Grobogan dan juga Ketua DPC PDIP setempat.

Sedangkan tujuh pendaftar lainnya, semuanya memilih di posisi Wakil Bupati Grobogan. Yakni, Ketua DPC Partai Hanura Grobogan Setiawan Djoko Purwanto, Bambang Pujiyanto yang saat ini masih menjabat sebagai Direktur RSUD Purwodadi, Iptu Supardi yang sekarang menjabat jadi Kapolsek Klambu.

Kemudian, Kades Penganten Junaidi, warga Kradenan Tri Ariyanto, Pangkat Djoko Widodo yang saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris DPRD Grobogan, dan mantan anggota DPRD Grobogan periode 2014-2019 Daryanto.(ori/lut)