Kudus  

Gelaran Kudus Expo Jadi Magnet Warga Luar Daerah

pemenang stan terbaik dalam acara Kudus Expo
Plt Bupati Kudus HM Hartopo menyerahkan trofi kepada para pemenang stan terbaik dalam acara Kudus Expo.

Plt Bupati Dorong Peningkatan Kualitas Produk IKM

KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menyelenggarakan pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) terbesar di Kabupaten Kudus, Kudus Expo. Sebanyak 60 Industri Kecil Menengah (IKM) yang memamerkan hasil produksinya berasal dari desa unggulan di sembilan kecamatan di Kudus.

Iduladha

Penyelenggaraan kegiatan itu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Bahkan, ada sekitar 42 ribu masyarakat baik dari Kudus maupun luar daerah berkunjung ke pameran yang berlangsung selama lima hari tersebut. Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo beserta Mawar Hartopo yang menutup pameran di Alun-Alun Kabupaten Kudus pada Selasa (15/10) mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat.

Baca juga:  Usai Mendapatkan Rekom, DPD Nasdem Kudus All Out Menangkan Sam'ani-Belinda

Tingginya jumlah pengunjung menunjukkan keingintahuan masyarakat yang besar terhadap UKM di Kabupaten Kudus. Hal tersebut dapat menjadi penyemangat wirausahawan meningkatkan kualitas hasil produksinya. H.M. Hartopo mendorong agar potensi yang luar biasa tersebut terus dimaksimalkan. Selain menumbuhkan perekonomian, Kudus Expo juga mengenalkan keberagaman budaya di Kudus.

“Luar biasa sekali potensi IKM binaan karena dapat menarik banyak wisatawan. Semoga terus semangat meningkatkan kualitas hasil produksinya,” harapnya.

Diungkapkan pula bahwa transaksi dari 60 IKM tersebut mencapai sekitar satu milyar rupiah dalam lima hari pameran. H.M. Hartopo berharap pencapaian tersebut menambah keberagaman IKM di Kudus serta dukungan dari Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kudus.

Baca juga:  Ketua DPRD Kudus, H. Masan Dukung Macan Muria Dengan Gelar Nobar

“Pencapaian yang sangat luar biasa, 60 IKM saja mencapai transaksi 1 milyar, belum termasuk stan yang lainnya. Semoga peningkatan kualitas IKM dapat terkenal tak hanya nasional namun juga internasional. Semua itu dapat terwujud secara maksimal dengan dukungan dinas terkait,” terangnya.

Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Bambang Tri Waluyo mengungkapkan pameran lima hari tersebut tak hanya menampilkan berbagai stan, tapi juga bursa kerja. Dari ribuan pelamar, sekitar 257 pelamar diterima melalui seleksi saat Kudus Expo berlangsung. “Tak hanya mengenalkan keragaman UKM Kabupaten Kudus, kami membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” terangnya.

Baca juga:  Sudaryono Sambangi Pedagang & Kulineran di Pasar Brayung

Dalam penutupan pameran, diumumkan pula pemenang stan terbaik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan IKM. Pemenang pertama kategori OPD diraih oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, pemenang dua diraih oleh stan Kecamatan Dawe, dan pemenang ketiga diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Sementara itu, trofi bagi stan terbaik kategori IKM diserahkan oleh Ketua Dekranasda Mawar Hartopo. Pemenang pertama stan terbaik diraih oleh Kopi Muria Tasty dan Madu Multiflora, pemenang kedua diraih oleh Batik Muria, dan pemenang ketiga diraih oleh Muria Indah Go Green (MI2G).(adv/lut)

DPRD Batang