Berusia Hampir 40 Tahun, Armada Damkar Mendesak Diremajakan

  • Bagikan
Linmas Satpol PP Pemadam Kebakaran Kabupaten Pati memeriksa keadaan armada damkar
MEMERIKSA: Petugas dari Linmas Satpol PP Pemadam Kebakaran Kabupaten Pati memeriksa keadaan armada damkar, kemarin.(MUHAMMAD FATHONI/LINGKAR JATENG)

PATI– Armada pemadam kebakaran (damkar) milik Pemerintah  Kabupaten Pati nampaknya perlu dilakukan peremajaan. Sebab sejumlah armada yang saat ini ada garasi kondisinya sudah termakan usia.

Kepala Bidang Damkar Linmas Satpol PP Kabupaten Pati Heru Suprijanto menyebutkan, armada damkar yang ada saat ini ada yang hampir berusia 40 tahun. Sehingga mendesak peremajaan guna mengoptimalkan fungsinya saat ada kejadian kebakaran.

 “Mobil damkar kita ada yang dari tahun 1981 sampai saat ini masih beroperasi,” katanya kemarin.

Pihaknya mengaku sudah beberapa kali mengajukan permintaan untuk penambahan mobil damkar. Namun hingga kini belum direalisasikan Pemkab.

“Kami usul tambahan mobil damkar minimal dua unit. Jika terealisasi kami akan memilih mobil damkar yang berkapasitas 5.000 liter dan 1.500 liter,” bebernya.

Jika anggaran untuk pengadaan mobil damkar direalisasikan, pihaknya juga akan mempensiunkan dua armada yang lama.

“Armada pemadam kita sudah tua semuanya, yang terbaru hanya truk untuk suplai air. Itu pengadaan 2018,” tandasnya.

Saat ini pihaknya memiliki total 8 unit mobil damkar. Satu di antaranya dimana merupakan truk suplai air. Sedangkan tiga dari enam damkar  kondisinya sudah menua dan perlu peremajaan lagi. (cr1/mam)

  • Bagikan