Pati  

Terbakar Misterius, Nisan Keluarkan Bau Menyan

Sebuah nisan di pemakaman Desa Jepuro Kecamatan Juwana keluar asap
MISTERIUS: Sebuah nisan yang berada di pemakaman Desa Jepuro Kecamatan Juwana usai keluar asap Selasa (29/10).(DOK.WARGA FOR LINGKAR JATENG)

PATI — Sebuah nisan kayu di Pemakaman Islam Desa Jepuro, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati ditemukan dalam keadaan hangus terbakar pada Senin (28/10) lalu. Hingga kini, belum diketahui apa penyebab nisan kayu yang berwarna hijau itu bisa terbakar secara misterus.

Salah satu warga Umbardi mengatakan, dirinya diberitahu oleh kawannya saat bekerja di kompleks pemakaman. Kejadian itu sekitar pukul 10.40 WIB. Saat itu dirinya sedang mengasah gergaji. Sedang, seorang temannya, Sutaji melihat asap mengepul di nisan makam.

“Nisanya terbakar, bau asapnya seperti bau menyan. Akhirnya, kami memutuskan untuk tidak mematikan apinya terlebih dahulu. Selanjutnya kami mengundang beberapa tokoh masyarakat biar menjadi saksi,” jelasnya kemarin.

Baca juga:  Drainase Buruk, Jalan Puncel-Wedusan Sering Tergenang Banjir

Setelah berkumpul, para warga dan tokoh masyarakat menyiramnya dengan air. Karena sempat viral di media sosial, Mbah Ali, salah satu warga Desa Kedung Pancing, Kecamatan Juwana ingin melihatnya. Namun sesampainya di pemakaman, nisan tersebut terbakar lagi.

“Itu (nisan, red) terbakar lagi sebelum waktu salat dzuhur, jadi dua kali terbakar, terus kami siram lagi dan juga kami cek di nisan tersebut tidak ada bekas di bakar, bau asapnya masih bau menyan,” ungkapnya.

Mereka menduga, api tersebut berasal dari pihak keluarga yang berziarah lalu menaruh kemenyan di dekat nisan. Karena cuaca terlalu panas kemudian meleleh sehingga mengakibatkan nisan terbakar. (ang/mam)