Motivasi Ajak Jaga Komunikasi Baik antara Guru dan Siswa

  • Bagikan
Motivator Nasional DR Aqua Dwipayana memberikan Motivasi kepada para guru di SMA N 1 Semarang
MENJELASKAN : Motivator Nasional DR Aqua Dwipayana saat memberikan Motivasi kepada para guru di SMA N 1 Semarang belum lama ini. (MUHAMMAD FATHONI/LINGKAR JATENG)

SEMARANG – Pakar Komunikasi dan motivator nasional DR. Aqua Dwipayana memberikan motivasi kepada guru dan karyawan SMA N 1 Semarang kemarin. Kegiatan yang diselanggaran di aula utama tersebut mengambil tema membangun komunikasi yang baik dan efektif antara guru, karyawan dan peserta didik untuk mencapai visi sekolah.

Dalam sharingnya tersebut, Aqua panggilan akrabnya, menyebutkan bahwa, tantangan guru saat ini lebih berat dibandingkan dengan zaman dahulu. “Karena saat ini menghadapi anak-anak milenial, jadi kalau guru yang dari dahulu mengajar sampai saat ini tidak merubah pola pengajarannya pasti akan menyesal,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa kunci sukses utama menjadi guru itu adalah dengan banyak penguasaan komunikatif disamping mengasai materi kelas. Komunikasi yang tepat menjadi salah satu kunci dalam menyampaikan materi kepada siswa, sehingga siswa bisa menerima dengan baik pesan tersebut. “Selama kita masih menjadi guru, kita jaga hubungan baik dengan para siswa dan dengan orang tua siswa dan stakeholder yang lain,” imbuhnya.

Aqua juga menambahkan hal terpenting yang harus dilakukan guru adalah bisa memberikan keteladanan kepada para siswa. “Antara ucapan dan perbuatan harus sama, terutama adalah bagaimana berbicara tentang kesantunan dan etika,” jelasnya.

Sementara itu Tim Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah SMA 1 Semarang Muhammad Adib Yuniarto yang juga hadir dalam acara tersebut menyebutkan bahwa dengan adanya acara tersebut guru seperti di pompa semangatnya. Karena ditengah-tengah kesibukan para guru mengajar kemudian mendapat motivasi seperti itu. Dengan adanya kegiatan tersebut ia juga berbagi tentang bagaimana beratnya guru untuk bisa menanamkan nilai kepada para siswa. “Siswa sekarang dihadapkan pada pilihan-pilihan di luar sekolah dengan adanya internet dan hiburan diluar sana, sehingga kita semakin kesulitan untuk menanamkan nilai-nilai yang mestinya sangat bermanfaat bagi anak-anak untuk kedepannya. tapi kami sebagai guru tetap optimis untuk menanamkian nilai-nilai pada anak, tentunya tidak lepas dari dukungan dari orang tua dan masyarakat itu penting,” jelasnya. (cr1/pal)

  • Bagikan