Tiga Juta Kendaraan Melintasi Solo

  • Bagikan
Sejumlah pengemudi melintasi ruas tol Boyolali-Solo
LENGANG: Sejumlah pengemudi melintasi ruas tol Boyolali-Solo belum lama ini. (ANTARA/LINGKAR JATENG)

SOLO – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta memastikan sekitar tiga juta kendaraan melintasi Solo pada periode liburan Natal dan akhir tahun. Penghitungan sudah dimulai sejak 17 Desember lalu.

“Hingga saat ini dari data tercatat sudah ada sebanyak 3,1 juta kendaraan melintasi Solo. Pada periode ini, kami menerjunkan 110 personel yang bertugas melakukan penguraian di titik-titik yang terjadi macet,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta Ari Wibowo kemarin.

Dari data alat rekam kendaraan, dikatakannya, rincian dari kendaraan yang melintas yaitu sebanyak 1.559.885 kendaraan masuk dan 1.612.505 kendaraan keluar. Ia mengatakan puncak kepadatan sudah terjadi pada H-2 Natal atau Senin (23/12). Dinas Perhubungan mencatat pada saat itu jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 405.850 kendaraan.

“Dari total kendaraan yang melintas tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua. Yaitu sebanyak 2.202.141 kendaraan, 962.970 roda empat, dan 186.279 yang terdiri dari bus dan truk,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dari kendaraan yang melintas tersebut kebanyakan keluar maupun masuk melalui Tol Solo-Ngawi dan Solo-Semarang.

“Dari pantauan kami, kebanyakan kendaraan yang masuk ini menuju ke tempat wisata di Soloraya dan tempat kuliner,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Kota Surakarta sudah memetakan titik rawan macet saat musim libur Natal dan Tahun Baru 2020. Ada sekitar 24 titik rawan macet yang sudah dipetakan.

“Di antaranya Simpang Kleco, Simpang Faroka, Simpang Kerten, dan Simpang Purwosari. Kemudian, Simpang Fajar Indah, Simpang Tugu Wisnu, Simpang Girimulyo, dan Simpang Lima Balapan,” urainya.(ara/lut)

  • Bagikan