Jadi Penyebab Banjir, Tanggul Jebol Diperbaiki Sementara

Sejumlah relawan sedang membantu membersihkan puing-puing rumah yang tersapu banjir di wilayah Kecamatan Gubug
RUSAK: Sejumlah relawan sedang membantu membersihkan puing-puing rumah yang tersapu banjir di wilayah Kecamatan Gubug. Jumat (10/1/2020).(MUHAMAD ANSORI/LINGKAR JATENG)

GROBOGAN– Bencana banjir di Kabupaten Grobogan salah satunya karena jebolnya tanggul Sungai Jajar di Kecamatan Karangruyung jebol karena tidak kuat menahan derasnya arus air. Selain itu, bendungan Gelapan di Kecamatan Gubug juga tidak kuat menampung banyaknya air.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan, saat ini pihak terkait sedang mulai malakukan perbaikan, di tanggul dan bendungan yang jebol yang tidak kuat menahan derasnya air.

Iduladha

“Hari ini dari Balai Besar Pemali Juana dengan Dinas PUPR Kabupaten Grobogan sudah mulai penangananan tanggul yang jebol. Penanganannya bersifat darurat dan bersifat sementara,” katanya Jumat (10/1/2020).

Ia menjelaskan, untuk penanganan permanen  dilakukan. Namun, karena wewenang pengelolaan bendungan pemerintah pusat, maka dilakukan Balai Besar Wilayah Pemali Juana.

“Jadi Balai Besar yang akan menganggarkan untuk penanganan secara permanen. Jadi harus melalui proses pengadaan barang dan jasa,” tambahnya.(ori/lut)

DPRD Batang