Kudus  

Hartopo : Kudus Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Jateng 2022

Rapat Komitmen Bupati dan Ketua DPRD se-Pati Raya

PATI – Gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah akan kembali digelar tahun 2022. Ajang tersebut ternyata memiliki animo yang cukup besar bagi calon penyelenggara.

Kabupaten Kudus bersama Kabupaten Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobongan mendeklarasikan diri untuk menjadi penyelenggara sekaligus tuan rumah bersama.

Selamat Idulfitri 2024

Hal tersebut terungkap saat Rapat Komitmen Bupati dan Ketua DPRD se-Pati Raya “Siap Menjadi Tuan Rumah Porprov Jateng XVI” di Ruang Pragolo, Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Kamis (16/11) siang.

Rapat Komitmen ini merupakan tindak lanjut dari rapat pertama yang digelar di Pendopo Kabupaten Kudus, Februari 2019. Usai pertemuan pertama, tiap Kabupaten mempersiapkan diri untuk melengkapi fasilitas venue yang akan mempertandingkan sebanyak 44 cabang olahraga. Lengkapnya fasilitas venue akan menunjang pesta olahraga se-Jawa Tengah tersebut.

Baca juga:  Pemkab Kudus Percepat Penyelesaian Sampah yang Makin Menggunung

Terkait pembagian venue pertandingan, Kudus siap menerima hasil keputusan bersama. Mengingat, Kudus telah memiliki Sport Center yang berada di Kompleks Gor Bung Karno Kudus. Selain itu, penganggaran untuk perbaikan sarana dan fasilitas venue telah dianggarkan secara bertahap.

“Saya kira untuk sarana prasarana sudah siap. Termasuk, penganggarannya sudah kita mulai sejak 2019. Ini adalah komitmen kami untuk sukseskan Porprov Jateng di Pati Raya,” kata Plt. Bupati Kudus Hartopo.

Lebih lanjut, Hartopo menilai sudah saatnya pemerataan penyelenggaraan Porprov Jateng diterapkan. Pasalnya, beberapa kali penyelenggaraan Porprov Jateng berlangsung di kota-kota besar. Maka, sudah saatnya daerah lainnya diberi kesempatan.

Baca juga:  Sam'ani Siap Mundur untuk Nyalon Bupati

“Tema utama kita kali ini pemerataan. Jadi, kalau baru pertama menggelar, rasanya menggebu. Artinya, punya semangat juang yang bagus untuk mempersembahkan jamuan terbaik bagi atlet maupun official,” imbuhnya.

Hartopo juga mengingatkan, Pemerintah Kabupaten Kudus sangat mendukung kegiatan olahraga, termasuk gelaran Porprov Jateng 2022. Ia mengaku, olahraga mengajarkan sportivitas selain membugarkan badan. Oleh karena itu, Kudus sangat menyambut baik Porprov Jateng digelar di Pati Raya.

“Selain menyehatkan badan, olahraga mengajarkan arti sportivitas. Jadi, saya kira ini bisa dijadikan hal baik dan kami siap menyambut Porprov untuk terselenggara di Kudus,” tutupnya.

Baca juga:  Launching Tim dan Jersey, Persiku Targetkan Liga 2

Sebagai tambahan informasi, calon penyelenggara Tuan Rumah Porprov Jateng tak hanya dari kawasan Pati Raya. Sebanyak tiga Kabupaten/Kota lain yang menjadi kompetitor adalah Kota Semarang, Solo Raya, dan kolaborasi Tegal-Pemalang. Namun, Pati Raya merupakan calon terkuat Tuan Rumah Porprov Jateng.(ila/lut)