Jl. Raya Kaligawe Diterjang Banjir, Macet hingga Banyak Motor Mogok

Pengendara motor nekat menerjang banjir di Jalan Raya Kaligawe
Pengendara motor nekat menerjang banjir di Jalan Raya Kaligawe Kamis (16/1).

SEMARANG – Jalan Raya Kaligawe diterjang banjir Kamis (6/1). Air bah menggenangi ruas jalan bagian utara atau persis di depan RSI Sultan Agung. Kejadian itu membuat sejumlah pengendara motor terpaksa mendorong kendaraannya karena mogok.

Dari pengamatan yang dilakukan lingkarjateng.com, air yang menggenangi jalan raya Semarang – Demak itu mulai meninggi skitar pukul 13.00.

Awalnya, genangan air tidak begitu tinggi. Namun, hujan yang mengguyur wilayah setempat dan buruknya drainase ditengarai membuat genangan air semakin tinggi.

Bahkan, ketinggian air hingga di atas mata kaki orang dewasa. Sejumlah motor yang nekat menerobos akhirnya mogok di tengah jalan. Beberapa kendaraan roda empat ukuran kecil atau jenis city car masih bisa menerobos genangan air. Meskipun knalpot kendaraannya sudah mulai kemasukan air.

Baca juga:  Mbak Ita: PPDB Harus Bersih dari Praktik Suap

Sementara itu, banyaknya truk dengan ukuran besar melaju lamban, membuat arus lalu lintas tersendat. Beberapa kendaraan roda empat juga memilih di sisi jalan yang ketinggian airnya lebih rendah. Kondisi itu membuat arus lalu lintas semakin tersendat.

Salah satu anggota Kelurahan Siaga Bencana (KSB) Genuk menerangkan, genangan mulai terjadi sejak pukul 12.30 akibat hujan deras. “Genangan ini, kemungkinan akibat belum optimalnya beberapa pompa Sringin. Membuat arus kendaraan terganggu,” tandasnya. (cr3/cr2/pal/lut)