Sragen  

Telan Rp 88 Miliar, The New Kemukus Diproyeksikan Jadi Wisata Keluarga

Objek wisata Gunung Kemukus Sumberlawang Sragen
MULAI DITATA: Objek wisata Gunung Kemukus Sumberlawang Sragen. (MUKHTARUL HAFIDH/LINGKAR JATENG)

SRAGEN –  Proyek pembangunan The New Kemukus yang digelontorkan pemerintah pusat sebesar Rp 88 miliar dijadwalkan bakal dimulai pada Maret 2020 mendatang. Detail engineering design (DED) pembangunan The New Kemukus yang berlokasi di Sumberlawang Sragen itu juga membuat dua dermaga lama di tepi Kedung Uter ikut ditata.

Saat ini, dua dermaga itu mangkrak sejak dibangun Jembatan Barong pada 2017-2018. Mangkraknya dua dermaga itu mematikan perekonomian warga sekitar. Terutama yang bekerja mengoperasikan perahu untuk menyeberangi Kedung Uter yang menjadi bagian dari Waduk Kedung Ombo (WKO).

Setelah dua dermaga itu ditata, wisata perahu akan dihidupkan kembali. Area parkir The Kemukus akan dilengkapi dengan plaza untuk menyambut kedatangan pengunjung, menara pandang, kios kuliner, taman dan lain-lain.

“Proyek ini juga menyasar penataan area Makam Pangeran Samodro yang meliputi joglo makam, pendapa ruang tunggu dan penataan di sekitar Sendang Ontrowulan, rest area di timur dan barat jembatan,” papar Yusep.(cr6/mhs/lut)