Blora  

Telan Anggaran Rp 4 M, Pasar Banjarejo Diresmikan Langsung Menteri Perdagangan RI

Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto saat kunjungan kerja di Blora
PERESMIAN: Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto saat kunjungan kerja di Blora kemarin. (DOK ISTIMEWA)

BLORA– Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI) Agus Suparmanto melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Blora kemarin. Dengan agenda utama peresmian pembangunan pasar rakyat Banjarejo di Desa Banjarejo, Kecamatan Banjarejo.

Kedatangan Menteri Perdagangan bersama Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Suhanto dan rombongan diterima langsung oleh Bupati Blora Djoko Nugroho dan Wakil Bupati Blora Arief Rohman. Mereka disambut sajian seni pertunjukan barongan dan tari kreasi Guyub Samin.

Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan ucapan terimakasih karena pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah memberikan bantuan. Guna merevitalisasi sejumlah pasar di Kabupaten Blora.

Baca juga:  Bank Jateng Dukung Program 'AmByar Pak To' untuk Tingkatkan Kesadaran Pajak Restoran di Blora

“Ini adalah kunjungan Menteri Perdagangan yang pertama kali dalam Kabinet Indonesia Maju. Oleh karena itu kami sampaikan terimakasih,” kata Bupati Blora Djoko Nugroho.

Luasan tanah di area pasar Banjarejo, lebih kurang 4.000 meter persegi. Dengan jumlah pedagang sebanyak 350 orang. “Tadinya pasar ini buka hanya dua kali dalam seminggu, yakni pada pasaran pon dan legi. Namun dengan dibangunnya pasar ini semua pedagang akan jualan setiap hari agar ada transaksi ekonomi,” jelasnya.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Suhanto menjelaskan, pasar rakyat Banjarejo adalah pasar rakyat tipe D yang dibangun berdasarkan anggaran tahun 2019 dengan total anggaran Rp4 milyar. Kemendag selain melakukan pembangunan dan merevitalisasi pasar, juga untuk meningkatkan citra dan merubah persepsi negatif pasar tradisional yang selama ini adalah kesan kumuh dan kotor. (lut)