Spesies Baru, Ikan Lele Barbie Satu-Satunya di Indonesia

  • Bagikan
Lele barbie tampak unik karena memiliki warna yang khas
UNIK: Lele barbie tampak unik karena memiliki warna yang khas, orange-merah muda dan bersih merata.(MIFTAHUL UMAM/LINGKAR JATENG)

JEPARA– Kalau biasanya ikan lele identik dengan warna hitam, ikan lele yang satu ini memiliki warna yang cukup menggemaskan yakni merah muda. Ikan lele spesies baru itu dinamakan ikan lele barbie.

Berbeda dari jenis pada umumnya, ikan tawar berkumis ini memiliki warna oranye-merah muda. Warnanya rata, mulus, dan bersih dari kepala hingga ekor.

Ikan lele barbie diklaim spesies baru dan satu-satunya di Indonesia. Penemuan ikan lele tersebut berkat riset yang dilakukan pembudidaya lele Fahrudin warga RT 2/RW II Desa Mindahan, Kecamatan Batealit, Kabuaten Jepara.

Pria yang akrab disapa Oong pun menceritakan awal ketertarikannya mengembangkan lele spesies unggul.

Terdorong keinginan untuk menciptakan lele selain warna hitam, tapi tanpa mengurangi kualitas.

Inspirasinya muncul dari daun singkong dan pepaya yang mempunyai unsur zat hijau daun atau klorofil. Ide itulah cikal bakal lahirnya lele barbie.

Dari situlah Oong mencoba risetnya, dengan menambahkan kandungan protein selama bertahun-tahun bagi ikannya. Hal ini agar warna oranye dapat nempel di hormon lele-lele tersebut.

Namun, diperlukan takaran yang tepat untuk mencapai keberhasilan genetik baru.

“Saya tidak banyak pakan pabrik, tapi saya pakai pakan organik, daun pepaya yang masih warna hijau pupus ditambah protein tinggi, karena merubah hormon sangat sulit sekali,” tutur dia.(mam/lut)

  • Bagikan