4 Hal Menyenangkan Jika Berkunjung ke Kota Lama Semarang

Sejumlah warga mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang
VINTAGE: Sejumlah warga mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang belum lama ini.(MUHAMMAD FATHONI/LINGKAR JATENG)

Semarang – Kota Lama Semarang menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika di Semarang, Jawa Tengah. Area seluas 31 hektare tersebut berisi bangunan-bangunan tua, berornamen khas Eropa. Kota Lama Semarang merupakan pusat perekonomian di era Kolonial Belanda.

Untuk mendukung pengembangan wisata Kota Lama, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan anggaran Rp 183 miliar untuk melakukan penataan. Proyek dimulai di tahun 2017. Dan saat ini, wajah baru Kota Lama semakin cantik.

Penataan Kota Lama Semarang meliputi perbaikan sejumlah bangunan, jalan utama, trotoar, drainase, penambahan fasilitas publik berupa tempat duduk, tempat sampah hingga penerangan jalan.

Kini Kota Lama semakin ramai dikunjungi wisatawan. Terlebih di akhir pekan, banyak warga dari Semarang maupun luar kota menghabiskan liburan dengan berjalan santai menikmati pemandangan dan keseruan lainnya di Kota Lama.

Baca juga:  MTsN 1 Bantul Gelar ASAS dan PAT Daring dengan Persiapan Matang

Berikut empat hal menyenangkan yang bisa dilakukan di Kota Lama Semarang:

Berburu Barang Antik

Jika anda penggemar barang-barang antik, Galeri Industri Keratif bisa menjadi pilihan. Terdapat banyak lapak pedagang yang menjual berbagai macam barang antik dan unik. Galeri Industri Keratif menempati gedung milik PT Perusahaan Perdagangan Indonesia.

Lokasi gedung di jantung Kota Lama Semarang, tepatnya di belakang Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel atau yang lebih dikenal dengan Gereja Blenduk.

Di antara barang-barang antik yang dijual adalah mata uang kuno, kaset, majalah lama, poster jadul, radio hingga berbagai macam perabotan.

Baca juga:  MTsN 9 Bantul Borong 4 Penghargaan di Perkasisma DIY 2024

Banyak Spot Foto Bagus

Jika dahulu kawasan Kota Lama Semarang kurang terawat, kini kondisinya berbalik 180 derajat. Banyak titik di sana disulap menjadi lebih instagramable, sehingga sayang untuk dilewatkan.

Di antara spot foto yang bagus adalah di sekitaran Gereja Blenduk, kemudian di depan Galeri Industri Keratif.

Keliling dengan Sepeda dan Skuter Listrik

Jika wisatawan lelah berjalan kaki, sepeda dan skuter listrik bisa menjadi pilihan agar anda tetap bisa berkeliling di Kota Lama.

Penyewaan sepeda dan skuter listrik tersebut bisa dijumpai di dekat Spiegel Bar and Resto.

Untuk menggunakan sepeda dan skuter listrik, pengunjung bisa menginstal aplikasi gowes di Play Store, kemudian melakukan top up minimal Rp 25 ribu dari mBanking atau Tcash. Setelah itu, tinggal scan barcode.

Baca juga:  Belajar Berniaga dengan Makanan Buatan Sendiri

Namun jika tidak mau ribet, pengunjung cukup membayar uang cash kepada penjaga, kemudian si penjaga yang akan men-scan barcode.

Berburu Kuliner

Selain menikmati suasana, wisatawan di kawasan Kota Lama bisa juga berburu kuliner. Banyak warung atau rumah makan yang menyajikan makanan khas Semarang.

Misal di Galeri Industri Keratif. Di sana ada pujasera yang menyedikan menu-menu lokal, salah satunya adalah Tahu Gimbal. Kemudian Nasi Koyor dan Angkringan Blendoek yang berada di Jalan Letjend Soeprapto.