Prabowo Restui Gerindra Dukung Gibran di Pilwalkot Surakarta, Ini Alasannya

Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta
UJI KELAYAKAN: Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta.(ANTARA/LINGKAR JATENG)

JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkap alasan Ketua Umum Partai Gerindra merestui dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka di pemilihan wali kota Solo pada Pilkada Serentak 2020.

Dasco mengatakan dukungan itu diberikan tidak terlepas dari posisi politik Gerindra. Partai besutan Prabowo itu diketahui berada dalam koalisi pendukung Presiden Joko Widodo, sekaligus ayah kandung Gibran. Prabowo menjabat sebagai menteri pertahanan di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Ya kalau soal dukung-mendukung ya kami juga sudah ada arahan untuk mendukung [Gibran],” kata Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Baca juga:  PPDB SLB Negeri di Jateng Dibuka Hari ini

Saat ini, kata Dasco, Gibran menjadi calon terkuat di internal Gerindra untuk Pilwalkot Solo. Namun demikian, sambung Dasco, Gerindra masih melihat dinamika politik yang ada di daerah sebelum menentukan langkah selanjutnya.

Dasco mengatakan Partai Gerindra sedang menggodok pendapat dari DPC Solo dan DPD Jawa Tengah terkait pencalonan tersebut. Hal itu dilakukan guna mematangkan langkah Gerindra, termasuk menjalin koalisi dengan PDIP di Solo.

“Nanti itu kewenangan sepenuhnya di Badan Seleksi untuk menentukan koalisi dengan siapa,” ucapnya.(ant/one/lut)