Tips  

4 Jurus Jago Fotografer dengan Kamera HP

Foto
Ilustrasi memfoto. ©Pixabay

LINGKARJATENG.COM – Siapa bilang kamera smartphone kalah dengan piranti kamera SLR atau DSLR. Jika digunakan secara tepat, jepretan kamera HP bisa menghasilkan foto yang bagus.

Terlebih saat ini banyak produsen menanamkan teknologi canggih pada kamera ponsel. Fiturnya pun semakin beragam, selain editing juga banyak menu lainnya yang memudahkan pengguna memilih sesuai keinginan.

Selamat Idulfitri 2024

Ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk memotret objek menggunakan kamera HP:

1. Tangan dan Objek harus Diam

Saat mengambil gambar, usahakan posisi tangan harus stabil atau diam tidak gerak. Dengan kestabilan tersebut, hasil jepretan dipastikan bakal bagus.

Sebaliknya, jika kamu memfoto sambil tangan gerak maka bisa dipastikan hasilnya akan blur.

Selain itu, yang perlu dipahami bahwa kekurangan kamera HP salah satunya kurang fokus dalam menangkap objek gerak. Maka jepretlah objek dalam kondisi diam atau tidak bergerak.

2. Sudut Pandang

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah sudut pandang atau angle pengambilan gambar. Latih kemampuan mengambil foto dengan sudut pandang yang unik.

Hal berkaitan dengan sudut pandang adalah momentum. Kemampuan anda menangkap momentum pada satu peristiwa itu juga bisa menjadi angle yang menarik.

3. Menggunakan Lampu Kilat

Tidak semuanya memotret dengan kamera HP harus menggunakan lampu kilat agar hasilnya terlihat bagus, begitu juga sebaliknya.

Cara yang tepat dalam menggunakan lampu kilat adalah dengan memperhatikan objek foto. Jika cahaya mencukupi, maka penggunaan lampu kilat tidak lagi diperlukan.

Namun jika hendak memfoto objek yang minim cahaya, lampu kilat bisa difungsikan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Editing

Setelah proses pengambilan foto selesai, langkah selanjutnya adalah editing. Jangan menganggap remeh editing. Dengan komposisi yang tepat, hasil jepretan fotomu bisa lebih baik dan bagus setelah diedit.

Terlebih saat ini proses editing di HP juga mudah, dengan adanya fitur auto. Anda tinggal mengganti-ganti saja menu yang tersedia sampai menemukan hasil editing yang pas menurut selera.