Wisata  

16 Tempat Wisata di Surga Tersembunyi Karimunjawa

Matahari tenggelam di Karimunjawa
Matahari tenggelam di Karimunjawa.

KARIMUNJAWA – Secara administratif, Kepulauan Karimunjawa termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan mencapai kurang lebih 1.500 hektare dan perairan 110.000 hektare, Karimunjawa menyajikan pesona wisata yang indah dan menarik. Terlebih sejak tahun 2001, Pemkab Jepara telah menetapkan Karimunjawa sebagai Taman Nasional.

Karimunjawa merupakan rumah bagi bermacam terumbu karang, hutan bakau dan pantai, ratusan spesies fauna laut serta berbagai jenis ikan. Sedangkan binatang langka yang menjadi habitat di Karimunjawa adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik serta penyu hijau.

Iduladha

Karimunjawa wajib menjadi destinasi wisata Anda jika berliburan ke Jateng. Di sana terdapat banyak obyek wisata yang sayang jika terlewatkan. Tidak heran dengan segara potensi wisata yang dimiliki tersebut, Karimunjawa banyak disebut sebagai surga di tanah Jawa.

Baca juga:  Keindahan Tersembunyi Kali Ndayung, Surga Wisata Alam di Kaki Gunung Muria

Berikut daftar obyek wisata di Karimunjawa:

1. Pantai Nirwana
2. Pantai Barakuda
3. Legon Lele
4. Pantai Ujung Gelam
5. Bukit Love
6. Bukit Joko Tuo
7. Hutan Mangrove
8. Kolam Hiu
9. Bukit Nyamplungan
10. Pantai Batu Karang Pengantin
11. Pantai Ujung Gelam
12. Pantai Batu Topeng
13. Wisata kuliner Karimunjava Culinary Centre
14. Wisata religi Makam Sunan Nyamplungan
15. Wisata religi Makam Sayid Kambang
16. Wisata religi Makam Sayid Abdullah.

Untuk menuju Karimunjawa bisa ditempuh melalui dua rute, laut dan udara. Untuk laut Anda bisa naik kapal yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Kapal cepat Kartini I berangkat setiap Sabtu pukul 09.00 WIB, dan kembali dari Karimunjawa setiap Minggu siang, lama perjalanan 2-3 jam.

Baca juga:  Keindahan Tersembunyi Kali Ndayung, Surga Wisata Alam di Kaki Gunung Muria

Sedangkan dari pari Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara, terdapat Kapal ekonomi Muria yang berangkat setiap dua hari sekali. Lama penyeberangan kapal ekonomi ini kurang lebih 6 jam.

Biasanya jadwal kapal yang berangkat dari pelabuhan Jepara hari Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 09.00 WIB. Sedangkan baliknya Rabu, Jumat dan Minggu pukul 08.00 WIB. Jadwal ini bisa berubah sesuai dengan cuaca di laut Jawa. Di Pelabuhan jepara juga bisa membawa Mobil dan motor untuk diseberangkan ke Karimunjawa.

Sedangkan jalur udara bisa ditempuh dari Bandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan. Waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

DPRD Batang