Religi  

Keutamaan Salat Sunnah 2 Rakaat Sebelum Subuh

Seorang anak sedang salat
Ilustrasi seorang anak sedang salat. ©Pixabay

LINGKARJATENG.COM – Salat sunnah dua rakaat sebelum Salat Subuh merupakan amalan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW. Salat sunnah sebelum Subuh memiliki keutamaan tinggi. Rasulullah SAW menyebutkan, pahala mengerjalan salat sunnah sebelum Subuh lebih baik dari dunia dan seisinya.

“Dua rakaat salat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya,” diriwayatkan oleh Muslim.

Iduladha

Cara mengerjakan salat sunnah dua rakaat sebelum salat Subuh adalah dengan ringkas dan tidak memanjangkan bacaan. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

Baca juga:  Iduladha, Sejarah Pengorbanan Cinta Sejati

“Dari Ibnu Umar, beliau berkata bahwasanya Hafshah Ummul Mukminin telah menceritakan kepadanya bahwa dahulu bila muadzin selesai mengumandangkan adzan untuk salat subuh dan telah masuk waktu subuh, Rasulullah SAW melaksanakan salat sunnah dua rakaat dengan ringan sebelum melaksanakan salat subuh.”

Sedangkan untuk bacaan di setiap rakaat salat sunnah sebelum Subuh, Rasululullah SAW membaca surah Al-kafirun, surah Al-ikhlas, kemudian Al-bawarah ayat 136 serta Ali Imran ayat ke 52.

Hal ini berdasarkan dua hadis yang diriwayatkan Muslim dari Abu Hurarirah RA dan Ibnu Abbas RA.

Baca juga:  Setiap Kaum Muslimin Bisa Berhaji

“Rasulullah SAW membaca dalam dua rakaat shalat sunnah subuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas.”

“Rasulullah SAW dalam dua rakaat salat sunnah subuh membaca ayat Qulu Aaamanna Billahi wa maa anzala ilaina (Al Baqarah 136) pada rakaat pertama dan membaca Aaamanna Billai wasyhad biannaa muslimuun (Ali Imran 52) pada rakaat kedua.”

DPRD Batang