Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

  • Bagikan
Ilustrasi hujan
Air hujan

LINGKARJATENG.COM – Musim hujan telah tiba. Bagi Anda yang setiap hari beraktivitas di luar ruangan, tentu harus berjaga-jaga manakala hujan tiba-tiba turun. Barang yang wajib Anda bawa adalah payung atau jas hujan. Selain itu, yang perlu Anda perhatikan adalah kesehatan.

Musim hujan biasanya membuat penyakit mudah datang. Misalnya sakit demam, flu dan batuk. Meski sebagian orang menganggap penyakit-penyakit tersebut biasa, namun tetap bisa mengganggu aktivitas Anda.

Nah, biar Anda tetap sehat di musim hujan, berikut ada tips yang bisa Anda terapkan:

1. Perbanyak Minum Air

Sekitar 60 persen tubuh Manusia terdiri dari cairan. Kekurangan cairan bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, salah satunya dehidrasi. Dehidrasi terdiri dari dua macam, ringan dan berat. Dehidrasi ringan biasanya berupa tubuh terasa lemas dan susah berkonsentrasi. Sedangkan dehidrasi berat bisa berakibat fatal.

Setiap harinya, tubuh manusia membutuhkan sedikitnya 2,5 liter air dengan perkiraan delapan gelas. Untuk itu, mengonsumsi air minum dalam jumlah mencukupi sangat disarankan.

Meminum air memiliki banyak manfaat. Salah satunya membantu mengeluarkan kotoran atau racun dari dalam tubuh melalui buang air kecil.

2. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C memiliki banyak menfaat bagi tubuh. Vitamin C juga bisa berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dari penyakit. Saat ini vitamin C banyak dijual di pasaran. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C.

Yang perlu diingat adalah jangan sampai berlebihan mengonsumsi vitamin C. Salah satu efek yang terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi vitamin C adalah sakit perut hingga gangguan saluran pencernaan.

3. Olahraga

Olahraga berguna untuk menjaga kebugaran tubuh. Anda bisa melakukan olahraga di pagi hari maupun di sore hari, tergantung cuaca. Jenis olahraga yang disarankan adalah berlari, bersepeda dan senam.

Anda bisa berolahraga selama satu jam dalam sehari, atau bisa sesuai keinginan Anda. Namun yang perlu diingat adalah jangan melakukan olahraga secara berlebihan.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat diperlukan, terlebih jika Anda seorang pekerja. Kurangi begadang jika memang tidak ada yang perlu dikerjakan. Lebih baik Anda beristirahat untuk menyiapkan tenaga buat beraktivitas esok hari.

  • Bagikan