Manfaat Olahraga di Malam Hari

Berlari
Ilustrasi pria yang sedang berlari

LINGKARJATENG.COM – Olahraga di malam hari sedang menjadi trend di kalangan warga metropolitan. Aktivitas yang super padat di siang hari, menjadi alasan bagi mereka untuk mencari keringat di malam hari. Salah satu jenis olahraga di malam hari yang banyak diminati adalah berlari.

Tidak selamanya beraktivitas di luar ruangan saat malam hari membawa efek buruk bagi kesehatan. Berikut manfaat berolahraga di malam hari. Dikutip dari womantalk.com:

1. Udara dingin bisa memperpanjang daya tahan tubuh

Tidak ada matahari berarti suhu di sekitar Anda juga lebih rendah. Meskipun ini mungkin terdengar seperti kerugian, udara dingin dapat memperpanjang daya tahan tubuh Anda. Latihan di luar ruangan saat malam hari juga bisa lebih menantang. Anda menghabiskan lebih banyak energi untuk mengatasi angin dan medan di sekitar. Sebuah studi di Extreme Physiology & Medicine menemukan bahwa, orang-orang cenderung bergerak lebih cepat di luar ruangan tapi mereka juga merasa lebih kuat.

Baca juga:  Nakes Diminta Bijak Bersosial Media

2. Waktu tidur tak terganggu

Sebagian orang memilih olahraga malam, karena mereka tidak mau menghabiskan waktu pagi yang dipakai untuk tidur dengan bangun lebih pagi. Percaya atau tidak, berolahraga di malam hari memang membuat waktu tidur Anda tak terganggu. Sebuah studi baru-baru ini oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa, dibandingkan dengan non-olahragawan, orang yang berolahraga malam mengatakan bahwa mereka tidur lebih nyenyak di malam hari.

3. Sinar bulan baik untuk kulit

Berlari atau bersepeda dalam gelap membatasi paparan sinar UV Anda. Tidak perlu mengoleskan SPF untuk mencegah kerusakan kulit saat Anda berolahraga di pagi hari.

Baca juga:  Nakes Diminta Bijak Bersosial Media

4. Lebih kuat

Apakah tujuan Anda olahraga untuk meningkatkan kekuatan otot? Sebuah studi dari Journal of Sports Science and Medicine menemukan, kebanyakan orang dapat mencapai kinerja otot yang optimal di malam hari. Jadi Anda mungkin bisa berpikir untuk memindahkan jadwal gym dari pagi ke malam hari.