Kudus  

Pecahkan Persoalan Banjir, Plt. Bupati Kudus Tinjau Langsung Bendungan Wilalung

Plt. Bupati Kudus HM. Hartopo langsung memberikan instruksi kepada jajarannya untuk mengatasi sampah di Bendungan Wilalung, Undaan yang ditengarai sebagai penyebab banjir.

KUDUS– Plt. Bupati Kudus HM. Hartopo terus bergerak untuk mengatasi persoalan banjir yang melanda Kota Kretek. Selain menyiapkan strategi, orang nomor satu di Kudus itu juga langsung meninjau sejumlah lokasi yang diduga menjadi penyebab banjir.

H M. Hartopo didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Bergas Caturisasi meninjau Bendungan Wilalung di Kecamatan Undaan Rabu (26/2). Camat Undaan Rifa’I juga ikut mendampingi  Plt. Bupati Kudus.

Selamat Idulfitri 2024

Di Bendungan Wilalung, HM. Hartopo melihat langsung banyaknya sampah. Selain intensitas hujan tinggi, banjir ditengarai juga karena banyaknya sampah yang menumpuk di beberapa sumber air.

Baca juga:  DKK Kudus Ajak Warga Perkuat PSN

Melihat kondisi tersebut, Plt. Bupati HM Hartopo langsung mengambil langkah cepat. Salah satunya, pihaknya langsung meminta Camat Undaan untuk berkoordinasi dengan dinas terkait untuk membersihkan sampah tersebut.

“Pak Camat bisa langsung berkoordinasi dengan DPUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, red) dan Dinas PKPLH (Penataan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, red) untuk membersihkan sampah tersebut. Sehingga aliran air bisa lancar dan potensi terjadinya banjir semakin sedikit,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, beberapa wilayah di Kabupaten Kudus mengalami bencana alam banjir. Selain karena curah hujan yang tinggi, banjir dikarenakan sampah yang menumpuk di beberapa sumber air. (lut)