Tahu Aci, Kudapan Khas Tegal yang Gurih dan Renyah

Tahu aci tegal
Ilustrasi gambar tahu aci tegal. ©Wikipedia

TEGAL – Tahu aci merupakan kudapan khas tegal yang sudah terkenal seantero Jawa. Citra rasanya yang gurih dan renyah, membuat kudapan ini paling nikmat disajikan dengan cabe rawit hijau atau saus sambal.

Karena saking terkenalnya tahu aci di Tegal, Pemerintah Kabupaten setempat sampai membuat patung tahu aci di perempatan Slawi Pos. Patung ini merupakan salah satu simbol bahwa di Slawi, Kabupaten Tegal khususnya, merupakan setra penjualan jajanan tahu aci yang terkenal.

Iduladha

Jika Anda sedang berada di Tegal, tidak sulit menemukan penjual tahu aci. Hampir di setiap pinggir jalan di Tegal banyak penjual tahu aci. Bahkan hingga pedagang asongan yang biasa menjajakan makanan di dalam bus.

Ada sejumlah perbedaan antara tahu aci dengan tahu biasa. Pertama tahu aci hanya terdapat di daerah Tegal. Apabila di daerah lain, antara tahu dengan adonannya tidak akan melekat dengan baik, sehingga mudah terlepas.

Kedua cara penggorengannya menggunakan minyak goreng yang cukup banyak, digoreng dengan api besar. Api yang besar akan membuat tahu menjadi mengembang dan merekah. Ketiga Minyak goreng jika semakin sering digunakan, juga akan membuat tahu menjadi lebih lezat.

Tahu aci juga cocok dijadikan oleh-oleh jika Anda pergi ke Tegal. Rata-rata mereka membeli Tahu Aci yang masih mentah, namun sudah diberi adonan sehingga tinggal menggorengnya saja.

Terdapat jenis lain dari tahu aci yang juga patut dicoba, yaitu tahu pletok adalah tahu aci yang sudah digoreng, kemudian dibelah-belah tidak sampai putus dan digoreng kembali hingga agak kering. Kemudian keripik tahu yang dijual dalam kemasan plastik per kilogram.

DPRD Batang