Daun Keladi Tikus Berkhasiat Cegah Kanker

Sel kanker
Ilustrasi gambar sel kanker

LINGKARJATENG.COM – Tanaman hias keladi tikus memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya dipercaya sebagai antikanker. Keladi tikus yang bernama latin Typhonium flagelliforme ini merupakan slalah satu tanaman asli Indonesia.

Dikutip dari doktersehat, daun keladi tikus memiliki kandungan alkaloid, triterpenoid, and lignan (polifenol). Selain itu, empat senyawa di keladi tikus telah diidentifikasi sebagai 1-O-beta-glucopyranosyl-2 – [(2-hydroxyloctadecanoyl) amido] -4,8-octadecadiene-1,3-diol (1), coniferin (2), beta-sitosterol (3), dan beta-daucosterol (4).

Bahan-bahan kimia lainnya diidentifikasi sebagai methyl esters dari asam heksadekanoat, asam oktadekanoat, asam 9-oktadekanoat, dan asam 9,12 oktadekadienoat. Selain itu, beberapa senyawa alifatik umum diidentifikasi sebagai dodecane, tridecane, tetradecane, Pentadecane, hexadecane, Heptadecane, octadecane, nonadecane dan Eicosane.

Baca juga:  Hari Kanker, Ingatkan Gaya Hidup Sehat

Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat keladi tikus yang bisa didapatkan tubuh karena zat antioksidan di dalamnya dapat melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Salah satu penyebab kanker adalah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

Antioksidan dari keladi tikus berinteraksi dengan dan menstabilkan radikal bebas sekaligus mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Penelitian itu menyimpulkan, ekstrak metanol—Ethyl acetate fraction dari daun keladi tikus memiliki aktivitas antioksidan tertinggi untuk menangkal kanker.

Selain itu, berdasarkan penelitian, ekstrak etanol 50% dari tanaman keladi tikus diduga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Ekstrak etanol ini diketahui mengandung senyawa flavonoid, terpenoid, tanin, dan sterol yang bersifat antikanker.

Baca juga:  Hari Kanker, Ingatkan Gaya Hidup Sehat

Penelitian lain mengungkapkan, daun keladi tikus mampu menghambat pertumbuhan kanker darah dan sel kanker hati.

Meski hasil penelitian ini memang terbukti mampu mengatasi kanker, perlu diingat bahwa hasil penelitian ini masih membutuhkan penelitian pada manusia dan sejumlah penelitian lanjutan untuk mendukung manfaat keladi tikus dalam membasmi penyakit kanker. Selain itu pengobatan keladi tikus tidak bisa menggantikan pengobatan medis yang sudah terbukti akurat. Bagi Anda yang ingin melengkapi pengobatan medis dengan pengobatan herbal, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.