4 Khasiat Daun Bidara, Belum Banyak Orang Tahu

Daun bidara
Daun bidara. ©Wikipedia

LINGKARJATENG.COM – Daun bidara yang memiliki nama ilmiah Ziziphus Mauritiana ini ternyata memiliki banyak khasiat. Pohon bidara memiliki karakter banyaknya duri, dan buahnya yang kecil memiliki rasa segar, mirip apel hijau.

Sejak zaman dahulu, daun bidara banyak digunakan untuk campuran ramuan obat herbal. Kini pun banyak dijual ekstrak daun bidara, yang memudahkan orang mendapat manfaat pengobatan.

Selamat Idulfitri 2024

Namun bukan hanya lewat ekstrak, manfaat daun bidara juga bisa didapat dengan cara merebus atau menggunakannya sebagain infuse water.

Berikut manfaat daun bidara yang dikutip dari berbagai sumber:

Baca juga:  Kaya Manfaat, Teh Bunga Telang Jadi Referensi Minuman Herbal

1. Percepat penyembuhan luka

Daun bidara mampu mempercepat penyembuhan luka karena sifat antiinflamasi dan antibakteri sangat baik, dalam membantu mempercepat proses regenerasi kulit.

Kandungan senyawa glikosida dalam daun bidara membantu menghilangkan bekas luka di kulit dan menyembuhkan luka bakar. Luka di kulit seperti lecet, tersayat, atau akibat tergores.
Selain meminum rebusan air daun bidara, Anda bisa mengoles daunnya pada luka.

2. Melindungi kesehatan mulut dan bibir

Daun bidara mampu melindungi kesehatan mulut dari sariawan, dan kecantikan bibir Anda dari pecah-pecah. Kandungan antioksidannya sangat baik menghalau bakteri menetap dalam mulut.

Baca juga:  Kaya Manfaat, Teh Bunga Telang Jadi Referensi Minuman Herbal

3. Sembuhkan Jerawat

Daun bidara juga efektif untuk menyembuhkan jerawat. Untuk membuatnya perlu campuran ramuan lainnya, seperti lemon.

Cara menggunakannya adalah tumbuk sampai halus beberapa lembar daun bidara. Kemudian campur dengan air perasan lemon.

Setelah teksturnya agak mengental, kemudian oleskan di wajah. Tunggu sampai kering atau 20 menit, kemudian cuci wajah dengan air hingga bersih.

Untuk hasil maksimal, gunakan secara rutin 3 sampai 4 kali dalam seminggu selama 2 bulan.

4. Menghaluskan Kulit Kering

Kondisi kulit kering acapkali mengganggu rasa percaya diri Anda karena malu wajah terlihat kusam dan ada bagian kulit yang seperti terkelupas. Pastinya tidak nyaman bukan?

Baca juga:  Kaya Manfaat, Teh Bunga Telang Jadi Referensi Minuman Herbal

Daun bidara sebagai bahan perawatan kecantikan kulit sudah digunakan sejak zaman China kuno. Cara menggunakannya sama, Anda bisa membuat pasta dari daun bidara untuk perawatan kulit tangan, kaki, dan wajah yang dirasa kering.