Tips  

Cara Mudah Bersihkan Dispenser

Dispenser
Ilustrasi gambar dispenser

LINGKARJATENG.COM – Dispenser merupakan cara praktis untuk meminum air dari galon. Selain itu, dispenser juga memudahkan seseorang menyeduh minuman panas atau hangat.

Hal yang perlu rutin dilakukan untuk merawat dispenser adalah membersihkannya. Dengan kondisi dispenser yang bersih, membuat air yang dikonsumsi aman bagi kesehatan Anda. Berikut tips mudah merawat dispenser:

Iduladha

Cara Mudah Bersihkan Dispenser :

1. Cabut Sambungan Listrik

Dengan mencabit colokan dispenser dari stopkontak, bisa menghindarkan Anda dari kemungkinan tersetrum saat sedang membersihkan dispenser.

2. Lepas Galon

Langkah selanjutnya adalah melepas galon, agar mudah membersihkan dispenser sampai ke bagian dalamnya. Kosongkan juga sisa-sisa air dari dalam dispenser jika masih ada. Kamu dapat membuang sisa air tersebut melalui keran dispenser yang berada di bagian depan atau belakang.

3. Bersihkan Bagian dalam Dispenser

Membersihkan bagian dalam dispenser bisa menggunakan cairan karbol yang dicampur dengan air (1 sendok teh karbol untuk 5 liter air). Basahi lap mikrofiber dengan larutan karbol, lalu lap bagian dalam dispenser. Bersihkan juga bagian penyangga galon. Copot bagian penampung tetesan air dan saringan, rendam dalam larutan karbol yang tadi. Bilas sebanyak 3 kali atau sampai bau karbolnya hilang.

Selain itu bisa juga menggunakan sabun pencuci piring. Bersihkan bagian dispenser dengan cara menyampurkan sabun pencuci piring dengan air panas. Diamkan dulu kira-kira selama 5 menit, kemudian buang melalui keran dispenser. Bilas dengan air matang sebanyak 5 kali. Copot bagian penyangga tetesan air dan saringan, lalu cuci dengan sabun pencuci piring.

Jangan lupa bersihkan bagian dalam kran dispenser. Bagian inilah yang yang paling mudah terkena lumut. Kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas, kuas, atau cotton buds yang dibasahi cairan pembersih.

4. Bersihkan Bagian Luar Dispenser

Terakhir adalah bersihkan juga bagian luar dispenser. Kamu bisa menggunakan lap basah atau spons. Setelah itu, lap hingga setiap sisinya kering.

DPRD Batang