Cek Kondisi Kesehatan Anda dari Warna Kotoran Telinga

Telinga
Ilustrasi gambar telinga

LINGKARJATENG.COM – Kotoran di dalam telinga merupakan sesuatu yang lazim, karena telinga secara alami menghasilkan zat lilin secara terus menerus. Zat lilin ini berfungsi untuk mencegah masuknya zat asing ke dalam telinga.

Selama berhari-hari, zat lilin tersebut akan menumpuk bersamaan dengan sel kulit mati, sehingga membentuk kotoran telinga.

Iduladha

Warna kotoran telinga sangat bervariasi, hal ini dipengaruhi oleh faktor kesehatan dan etnis seseorang. Namun umumnya, kotoran telinga akan berwarna kuning kecokelatan dan lengket atau kuning keabu-abuan dan kering.

Berikut arti dari warna kotoran telinga, yang dikutip dari hellosehat:

1. Warna kuning dan lunak

Kotoran yang terlihat berwarna kuning dan terasa lunak adalah kotoran telinga baru. Ini tidak menjadi masalah, selama kotoran tersebut tidak terlalu berair dan keluar dari saluran telinga Anda.

Jika kotoran telinga ini diproduksi lebih banyak bahkan hampir menetes dari telinga, diikuti gejala lain yang membuat telinga tidak nyaman, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh infeksi telinga bagian tengah.

2. Warna cokelat kehitaman dan kering

Kotoran telinga tidak langsung dikeluarkan dari tubuh. Kotoran tersebut akan mengendap dan terus menumpuk dengan sel kuli mati. Kotoran yang lama ini biasanya berwarna cokelat kehitaman dan cenderung kering.

3. Warna kuning pucat dan kering

Saat kotoran yang cokelat mulai terdorong keluar, warnanya bisa berubah menjadi kuning pucat dan sangat kering, seperti serpihan kulit mengelupas. Namun, bisa juga tetap berwarna cokelat tua. Perbedaan warna dari kotoran telinga ini dipengaruhi oleh etnis.

Perlu Anda perhatikan jika kotoran telinga yang pucat tersebut diikuti gejala lain, seperti kulit cepat mengelupas atau muncul ruam kemerahan. Bisa jadi kondisi tersebut menandakan Anda memiliki penyakit ektrem.

4. Warna kuning atau cokelat disertai kemerahan

Adanya warna kemerahan pada kotoran telinga Anda, menandakan adanya luka. Kondisi ini bisa terjadi akibat gesekan yang terlalu kuat saat Anda membersihkan telinga atau mengalami cedera di sekitar telinga.

Saat ini terjadi sebaiknya hentikan membersihkan telinga sampai luka kering. Jika darah yang keluar cukup banyak, segera periksa ke dokter agar kondisi tidak makin memburuk.

5. Warna hitam

Kotoran telinga yang berwarna kehitaman menandakan bahwa kotoran yang menumpuk terlalu besar dan sulit untuk keluar. Produksi lilin telinga yang berlebihan ini biasanya terjadi ketika Anda merasa stres, cemas, atau ketakutan.

DPRD Batang