Tips  

5 Hal Dasar yang Wajib Diketahui saat Mendesain Rumah Minimalis

Rumah minimalis
Rumah minimalis

LINGKARJATENG.COM – Rumah minimalis berdesain unik dan menarik kini menjadi tren di kalangan warga perkotaan. Pada dasarnya, desain rumah minimalis mampu mengakomodir segala kebutuhan di tengah segala keterbatasan.

Dikutip dari araitag, lonsep yang pertama harus dikedepankan adalah sedikit tapi optimal. Setiap elemen dalam rumah minimalis harus benar-benar berfungsi dengan efisien dan sebisa mungkin multifungsi.

Iduladha

Berikut hal dasar yang perlu diperhatikan dalam mendesain rumah minimalis:

1. Bentuk dasar geometris sebagai karakter arsitektur minimalis

Desain rumah minimalis kerapkali mengoptimalkan bentuk-bentuk dasar geometris. Tidak ada hiasan dan penambahan bentuk yang tidak perlu. Tampilan bangunan secara keseluruhan lebih murni dan lebih minimal dengan bentuk-bentuk geometri yang lebih simple.  Setiap bentuk yang ada menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional.

2.  Kesederhanaan yang dinamis

Setiap bentuk fungsional yang ada dipadukan dan dikombinasikan dengan harmonis untuk menciptakan kedinamisan. Walau memanfaatkan bentuk-bentuk dasar geometris dengan bahan-bahan sederhana, namun desain rumah minimalis mampu tampil dinamis dengan pengulangan struktur sebagai ciri khasnya.

3. Kesederhanaan yang indah dalam kesenggangan ekstrem

Ruang-ruang dalam desain minimalis sengaja diciptakan kosong dan senggang untuk mengapresiasi keindahan dari kesederhanaan elemen ruang yang ingin dijadikan point of interest.

4. Meniadakan dinding dan batasan ruang yang tidak perlu

Desain minimalis sengaja menghilangkan dinding pembatas antar ruang yang bisa disatukan fungsinya atau yang saling berkesinambungan. Keterbukaan hubungan antar ruang lebih diutamakan. Keterbukaan antara interior dan eksterior juga sangat kuat untuk menciptakan kedekatan ruang di dalam rumah dan area di sekelilingnya.

5. Dominasi garis vertikal dan horizontal

Garis vertikal dan horizontal sebagai bentuk dasar dua dimensi dan tiga dimensi, tampak pada hampir keseluruhan desain minimalis. Mulai dari bentuk massa bangunan, façade, pola ruang, bentuk ruang, desain furnitur, hingga ekspos strukturalnya.

DPRD Batang