5 Daerah di Jateng Ini Penghasil Satai Termantap

  • Bagikan
Satai kambing
Satai kambing

LINGKARJATENG.COM – Satai merupakan makanan khas Indonesia. Kuliner malam ini banyak tersebar di daerah-daerah. Uniknya, satai setiap daerah memiliki citra rasa sendiri. Misal satai Tegal memiliki rasa berbeda dengan satai padang Sumatera Barat.

Di jateng, setidaknya ada lima daerah yang terkenal dengan kuliner satai. Rasa satai antara satu daerah dengan daerah lain juga berbeda. Berikut ulasannya:

1. Satai Blora

Satai Blora dikenal sebagai salah satu kuliner lezat karena daging yang empuk serta memiliki keunikan pada cara penyajiannya. Selain bumbu kacang, satai Blora disajikan juga bersama kuah kuning ditambahkan dengan kecap manis dan taburan bawang goreng.

2. Satai Sapi Suruh Kota Salatiga

Berada di jantung kota Salatiga, tepatnya Jl. Jendral Sudirman (Ruko Mimosa), warung makan ini menyajikan kuliner satai daging sapi yang empuk. Resep satai suruh adalah resep turun temurun sejak 1987. Berbeda dengan satai lainnya, satai dibumbui dengan aneka rempah-rempah seperti kunyit, kencur dan kayu manis. Nama suruh diambil dari nama Desa Suruh, asal orang tua yang menciptakan resep ini.

3. Satai Kambing Tegal

Satai Kambing khas Tegal menggunakan daging kambing muda yang biasanya berumur di bawah tiga bulan (batibul) sebagai bahan utama. Karena menggunakan daging kambing muda, daging lebih empuk dan beraroma khas walau tidak dioles banyak bumbu saat dibakar. Satai nikmat ini dapat dibeli di warung yang mudah dijumpai di berbagai sudut kota.

4. Satai Ambal Kebumen

Para wisatawan yang berkunjung ke Kebumen, satai ayam di daerah Ambal bisa menjadi pilihan tepat. Keunikan satai ayam khas Ambal ini terletak pada sausnya yang terbuat dari kacang kedelai (tempe). Biasanya, satu porsi satai ambal berisi 20 tusuk.

  • Bagikan