Ini Perbedaan Wabah, Epidemi, Endemi dan Pandemi

  • Bagikan
Virus Corona
Ilustrasi Virus Corona

LINGKARJATENG.COM – Penyebaran virus corona kini telah ditetapkan dengan status pandemi oleh World Health Organization (WHO). Data terbaru hingga Jumat (13/3), wabah corona telah menyebar di 110 negara. Sebelumnya, status penyebaran corona masuk kategori epidemi.

“Ini tidak hanya krisis kesehatan masyarakat, ini krisis yang bakal mempengaruhi tiap sektor,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari Time.

Klasifikasi penyebaran suatu penyakit terdiri dari sejumlah tahapan. Untuk membedakan tahapan-tahapan tersebut, berikut penjelasannya:

1. Wabah

Wabah merupakan istilah umum untuk menyebut kejadian tersebarnya penyakit pada daerah yang luas dan pada banyak orang, maupun untuk menyebut penyakit yang menyebar tersebut.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wabah diterangkan sebagai penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, menyerang sejumlah besar orang di daerah yang luas seperti wabah cacar, disentri dan kolera.

2. Epidemi

Epidemi merupakan penyebutan untuk penyakit yang timbul sebagai kasus baru pada suatu populasi manusia, dalam suatu periode waktu tertentu dan dengan laju yang di luar dugaan yang didasarkan pada pengalaman mutakhir. Dengan kata lain, epidemi adalah wabah yang terjadi secara lebih cepat daripada yang diduga.

Di KBBI, epidemi dimaksudkan untuk menjelaskan penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban, misalnya penyakit yang tidak secara tetap berjangkit di daerah itu.

3. Endemi

Endemi merupakan kondisi pada suatu populasi bahwa infeksi yang terjadi berlangsung di dalam populasi tersebut tanpa adanya pengaruh dari luar. Penyakit endemi sering diartikan sebagai suatu penyakit yang ditemukan pada daerah tertentu.

Sementara itu dalam KBBI, endemi merupakan penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat.

4. Pandemi

Pandemi adalah epidemi global atau wabah global. Merupakan terjangkitnya penyakit menular pada banyak orang dalam daerah geografi yang luas.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), suatu pandemi dikatakan terjadi bila ketiga syarat ini terpenuhi:

1. Timbulnya penyakit bersangkutan merupakan suatu hal baru pada populasi bersangkutan,
2. Agen penyebab penyakit menginfeksi manusia dan menyebabkan sakit serius,
3. Agen penyebab penyakit menyebar dengan mudah dan berkelanjutan pada manusia.

Di KBBI, pandemi bermakna wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas.

  • Bagikan