Pemeriksaan Corona di RS Provinsi Sekarang Gratis

Simulasi penanganan warga terduga corona. (DOK LINGKAR JATENG)

SEMARANG – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan pihaknya menyediakan fasilitas pemeriksaan identifikasi Corona gratis bagi masyarakat yang khawatir terpapar virus Covid-19. Ada tujuh rumah sakit milik Pemprov Jateng yang menyediakan fasilitas pemeriksaan (screening) kesehatan gratis.

“Jadi kalau anda barusan bepergian ke luar negeri atau ke daerah yang ada pasien Corona positif kemudian mengalami pilek, demam, batuk ya periksa saja. Biaya kami tanggung gratis,” kata Ganjar.

Menurutnya, warga tidak perlu takut memeriksakan diri. Sebab semakin cepat mengetahui kepastian terpapar atau tidak akan semakin baik. Jika memang dokter menyatakan suspect Corona maka akan dikirim ke RS rujukan dan masuk dalam kategori pasien dalam pengawasan atau PDP.

Baca juga:  28 Armada BRT Trans Semarang Kelebihan Emisi, Dishub Beri Ultimatum Perbaikan!

“Tapi kalau ternyata flu demam biasa ya pulang,” katanya.

Pemprov Jateng punya tujuh rumah sakit yang bisa dimanfaatkan. Yakni RSUD Dr Moewardi Surakarta, RSUD Dr Margono Soekarjo Purwokerto, RSUD Kelet Jepara, RSJD Surakarta, RSJD Dr Amino Gondohutomo Semarang, RSJD Dr RM Soedjarwadi Klaten, dan RSUD Tugurejo Semarang.

Meski baru tujuh rumah sakit, Ganjar akan segera berkoordinasi dengan bupati walikota agar juga menyediakan fasilitas pemeriksaan identifikasi Corona gratis di rumah sakit yang dimiliki.

“Bisa saja (di kabupaten kota) berkoordinasi dengan bupati walikota,” katanya.

Baca juga:  Pj Bupati Jepara Dukung Pencananganan Kampung Kartini Tangguh di Tegalsambi

Sedangkan rumah sakit rujukan untuk Corona saat ini telah ada 58 unit. “Awalnya 13 rumah sakit lalu kita tambah 45,” tegasnya.(dim/lut)