Zenius, Belajar Online Berbasis Video

Oleh: Kepala SDN 3 Krangganharjo, Toroh, GroboganSuprapto, S.Pd.,M.Pd.

LINGKARJATENG.COM- SEJUMLAH pemerintah daerah meliburkan sekolah selama empat belas hari karena khawatir dengan penyebaran virus corona atau COVID-19. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mendukung dan mengapresiasi kebijakan pemerintah daerah tersebut.

Kemendikbud telah mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis android dengan nama ”Rumah Belajar” yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru di semua jenjang pendidikan secara gratis.
Selain Rumah Belajar yang disediakan oleh Kemendikbud, ada aplikasi belajar jarak jauh yang juga gratis, diantaranya Zenius. Zenius menghadirkan aplikasi pembelajaran berbasis video berkualitas yang dapat diakses bebas tanpa biaya.

Selamat Idulfitri 2024

Zenius App menghadirkan berbagai fitur yang dapat menunjang proses belajar siswa. Sekitar delapan puluh ribu lebih video pembelajaran disajikan dalam aplikasi ini serta menghadirkan ratusan ribu soal beserta video pembahasannya sebagai teman belajar siswa, orang tua, maupun guru.

Baca juga:  Siswa SMA 1 Kudus Unjuk Bakat Rebut Gelar Kartini Kartono

Materi pelajaran yang disajikan sangat lengkap mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA dan SMK yang bisa diakses setiap saat dengan versi kurikulum KTSP 2006, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 revisi. Aneka tips belajar untuk mengatasi kesulitan dan hambatan-hambatan yang mengganggu kegiatan belajar disediakan di aplikasi belajar zenius.

Zenius merupakan bimbingan belajar online di Indonesia yang dapat membantu dan menjadi salah satu solusi bagi semua pelajar SD, SMP, SMA dan SMK untuk mendukung belajar mandiri di rumah ketika sekolah diliburkan menanggapi kasus COVID-19 yang semakin marak.

Baca juga:  MTsN 2 Bantul Raih Juara 3 di Bantul School Expo 2024

Menu yang disajikan oleh zenius dapat dibilang lengkap. Pada menu utama di layar bagian atas ke bawah terdapat menu Tips Belajar dari Zenius, pilihan Kurikulum dan jenjang pendidikan, dan pilihan mata pelajaran. Selanjutnya di bawahnya ada menu ujian dengan pilihan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), Tryout, UN, Ujian Mandiri, dan Insight. Di bagian paling bawah ada menu ”Belajar” dengan pilihan Motivasi, Jadwal Ujian, dan Tips Atur Waktu Belajar.

Jika menu pilihan jenjang sekolah diklik, maka akan muncul menu pilihan SD, SMP, SMA, dan SMK. Selanjutnya disediakan pilihan jurusan untuk SMA dan SMK. Kemudian menu selanjutnya yaitu pilihan kurikulum dan kelas. Setiap materi pelajaran dari bab ke bab dibahas secara gamblang dan jelas melalui video tutorial.

Baca juga:  SMPN 2 Jetis Perkenalkan Permainan Edukatif untuk Sosialisasi Anti-Bullying

Video yang disajikan seperti layaknya kita sedang mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh seorang guru. Materi pelajaran dijelaskan dan disajikan pada papan tulis dengan kursor berbentuk pensil sebagai penunjuk serta membantu penjelasan materi yang disajikan guru.

Melalui suara guru dan peragaan video di papan tulis, siswa lebih terfokus dan asyik mengikuti pembelajaran mandiri secara online. Proses pembelajaran ini sangat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Dari pihak guru, proses seperti ini sangat membantu guru karena siswa dapat mengulang-ulang video sampai memahami dan mengerti terhadap materi yang dipelajarinya. (*)