Tips  

Jangan Kucek Sembarangan, Ini Hal Penting Saat Mencuci Baju Pakai Tangan

Mencuci baju
Mencuci baju

LINGKARJATENG.COM – Keberadaan mesin cuci di rumah tentu memudahkan Anda dalam mencuci pakaian keluarga. Anda tidak perlu repot menguras tenaga untuk mengucek pakaian. Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci memang menghemat waktu dan tenaga. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua pakaian bisa dicuci menggunakan mesin cuci?

Ada beberapa jenis pakaian yang tidak dianjurkan mencuci menggunakan mesin cuci. Sebab, jika dicuci menggunakan mesin cuci bisa menyebabkan kerusakan kain. Solusinya adalah Anda harus mencuci menggunakan tangan.

Iduladha

Beberapa pakaian yang harus dicuci dengan tangan adalah baju yang terbuat dari sutra, renda, satin. Bahan wol atau serat juga dianjurkan dicuci pakai tangan. Selain itu, pakaian luntur juga sebaiknya dicuci pakai tangan.

Dikutip dari sejumlah sumber, berikut tips mencuci pakaian dengan tangan:

1. Basahi dan lakukan perawatan khusus pada kain yang bernoda sebelum melakukan pencucian. Noda yang mengering setelah proses pencucian lebih sulit dihilangkan.

2. Cuci pakaian yang memiliki warna senada bersama-sama untuk menghindari luntur warna. Selalu pisahkan pakaian putih dari pakaian berwarna saat mencuci.

3. Gunakan deterjen atau perawatan yang tepat. Ada beberapa deterjen khusus untuk bahan halus, atau untuk mengatasi pakaian yang luntur.

4. Pakain air dingin untuk mencuci. Penggunaan air panas bisa berisiko membuat bahan lembut yang terbuat dari wol atau sutra jadi menyusut atau mengerut.

DPRD Batang