Daftar Aplikasi Unggulan untuk Belajar di Rumah

Belajar di rumah
Ilustrasi belajar di rumah

LINGKARJATENG.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memperpanjang sistem belajar di rumah bagi para pelajar. Hal ini ditujukan untuk mengurangi dan mencegah penyebaran virus corona. Praktik belajar di rumah umumnya dilakukan dengan cara tugas dari guru dikirim melalui aplikasi WhatsApp kepada orang tua. Kemudian orang tua menjelaskan tugas-tugas tersebut kepada anak. Selain itu, model pembelajaran juga bisa melalui video conference.

Selain belajar dari buku pelajaran, peserta didik juga bisa belajar melalui sejumlah aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store. Berikut daftar aplikasi belajar di rumah:

Selamat Idulfitri 2024

1. Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan aplikasi belajar daring yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan untuk menyediakan alternatif sumber belajar dengan pemanfaatan teknologi. Terdapat berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis.

Baca juga:  Tingkatkan Kompetensi Guru Lewat Komunitas Belajar

2. MejaKita

MejaKita merupakan platform pendidikan daring yang memberdayakan siswa di berbagai wilayah di Indonesia untuk berkolaborasi dalam pembelajaran. Penyajian materi dilakukan secara tematis dan dilengkapi forum diskusi yang bisa dimanfaatkan untuk tanya jawab. Platform ini sudah digunakan 15,000+ siswa di 223 kota.

MejaKita menyediakan materi pembelajaran dari SD-SMA yang gratis dan cukup lengkap, serta ribuan catatan yang sudah diunggah oleh murid-murid di komunitas pelajar di seluruh Indonesia. MejaKita mendukung siswa yang harus belajar di rumah untuk tetap dapat berdiskusi PR, soal dan tugas, serta berbagi catatan dan materi pembelajaran lainnya.

Baca juga:  Ajarkan Canva, Tingkatkan Kreativitas Siswa

3. Ruangguru

Ruangguru merupakan layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. Ruangguru menyediakan Sekolah Online Gratis selama masa pandemi Covid-19. Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang dapat dimanfaatkan selama 1 bulan ke depan di aplikasi Ruangguru.

4. Sekolahmu

Sekolahmu merupakan platform berbasis teknologi dan kolaborasi untuk menyediakan program belajar, yang mendukung sistem blended learning dilaksanakan. Pada program Belajar Tanpa Batas, Sekolahmu menyediakan live streaming mata pelajaran dengan jenjang yang telah disediakan. SekolahMu menumbuhkan kompetensi pada semua dan setiap anak di berbagi usia dan jenjang. SekolahMu menjadi simpul kolaborasi ratusan sekolah dan organisasi yang telah dikurasi untuk berkarya, menyediakan program-program kurikulum yang sesuai kebutuhan.