Tips Biar Koneksi Internet di HP Kencang

  • Bagikan
Koneksi internet 5G

LINGKARJATENG.COM – Koneksi internet saat ini menunjang untuk melakukan berbagai kegiatan, mulai dari pekerjaan kantor, tugas akademik hingga hobi. Menjadi persoalan jika segala kegiatan yang dilakukan tersebut terkendala oleh koneksi internet yang tidak stabil.

Dikutip dari pricebook.co.id, berikut tips agar koneksi internet di handphone menjadi kencang:

1. Gunakan Ad-Blocker

Lambatnya kecepatan koneksi internet di smartphone terjadi karena kita tidak memblok iklan. Keberadaan iklan ketika kita browsing di internet lewat smartphone juga akan membuat internet jadi lemot, karena harus memakan data lebih banyak untuk mengakomodir tampilan iklan. Bahkan iklan ini bisa menyedot hingga 80 persen kuota internet, jadi jangan heran kalau kamu tidak memblokirnya, maka kuota internet akan terus boros.

Untuk itu, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan aplikasi Adblocker yang banyak tersedia di Google Play Store. Kamu juga bisa menggunakan browser yang sudah dibekali Adblocker seperti Opera Browser atau UC Browser. Cara mempercepat koneksi internet ini sangat mudah dilakukan kan?

2. Hapus Cache

Cache adalah salah satu hal yang sering terlupakan ketika kita merasa internet di HP kita lambat. Namanya HP Android, sudah pasti perangkat ini akan menyimpan banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi Internet untuk bisa berfungsi dengan baik.

Karena aplikasi itu seiring digunakan, maka mereka akan menyimpan cache yang jika dibiarkan menumpuk hingga semakin besar akan membuat performa hp menjadi lambat. Kenapa bisa begitu? Karena cache yang menumpuk akan memakan penyimpanan internal hp dan efeknya akan mempengaruhi koneksi internet.

Baca juga:  Berikut Sejumlah Tips Agar Makanan Kaleng yang Kamu Konsumsi Lebih Bernutrisi

3. Atur Jaringan 4G Seting

Sekarang sudah eranya jaringan 3G dan 4G, kenapa mesti menggunakan jaringan yang di bawah itu lagi? Jika memang kamu ingin koneksi internet cepat, tentu kedua jaringan itulah yang harus dipakai, bukan 2G atau WCDMA.

Lain kisahnya jika HP Android yang kamu pakai hanya mendukung jaringan 2G dan WCDMA, biasanya HP yang cuma mendukung jaringan itu merupakan smartphone Android jadul. Untuk mengaktifkan jaringan “3G Only” atau “4G Only”, kamu masuk ke settings – more – mobile network – network mode – pilih jaringan “3G Only” atau “4G Only”.

4. Aktifkan Data Saver

Kebanyakan browser yang digunakan smartphone masa kini sudah dibekali dengan fitur “Data Saving”. Fitur ini berfungsi untuk menghemat kuota internet. Selain itu, fitur ini ternyata juga bisa menjadi salah satu cara mempercepat koneksi internet Android kamu.

Kamu bisa mematikan muatan gambar atau mengompres gambar di browser menjadi ukuran paling kecil. Dengan begitu, proses loading yang terjadi di browser hp menjadi semakin cepat dan ringan.

5. Matikan Tethering

Tethering merupakan sebuah aktivitas yang berfungsi menjadikan ponsel pintar kamu menjadi semacam hotspot. Singkatnya, kamu dapat menjadikan hp Android sebagai WiFi portable lalu membagikan koneksinya kepada teman-teman.

Namun, karena jaringan internetnya terbagi-bagi, maka kamu harus siap berbagi bandwith dengan perangkat lain. Jika kamu ingin membuat jaringan internet kamu lebih cepat, tentu kamu harus mematikan fitur ini, sehingga membuat jaringan internet terfokus kembali di hp kamu.

  • Bagikan