Figur  

Tekuni Beladiri, Jaga Tradisi

Malisa Diah Ayu Kusuma

PRESTASI membanggakan di bidang beladiri pencak silat pernah diraih Melisa Diah Ayu Kusuma semasa duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA). Ia pernah menjadi wakil Provinsi Jawa Tengah (Jateng) untuk belaga di kejuaraan nasional beberapa tahun lalu. 

Menurut Melisa, menekuni beladiri khususnya pencak silat memiliki banyak manfaat. Selain berolahraga agar dan menjaga stamina, menekuni pencak silat juga menjaga tradisi bela diri khas Indonesia. 

“Waktu SMP, awalnya belum begitu tertarik dengan bela diri. Namun, diajak salah satu teman untuk belajar pencak silat. Setelah ikut, ternyata mengasyikan juga. Hingga akhirnya jatuh cinta hingga sekarang terus menekuni dan memperdalam ilmunya,” katanya. 

Baca juga:  Berawal Terapi Asma, Atha Tekuni Renang hingga Raih Juara

Dia mengaku, memiliki ilmu bela diri juga tidak hanya berguna untuk prestasi saja. Menurut gadis yang akrab disapa Melisa itu, dengan menguasai bela diri pencak silat juga berarti melestarikan tradisi dan budaya Bangsa Indonesia. 

”Manfaat yang bisa langsung dirasakan untuk menjaga kesehatan. Tak hanya itu, kemampuannya menguasai bela diri juga bisa membentengi dirinya sendiri jika terjadi hal yang tidak diinginkan,” bebernya yang asli ornag Desa/Kecamatan Gabus.(lut)