Anak-anak Mulai Terbiasa Gunakan Masker

Seorang anak bersama orang tuanya dengan memakai masker
LINDUNGI ANAK: Seorang anak bersama orang tuanya dengan memakai masker serta alat pelindung wajah sebagai upaya melindungi anak dari paparan Covid-19 saat melintasi Alun-alun Kudus, kemarin (23/7). ANTARA/JOGLO JATENG

KUDUS – Grafik kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus, yang terus meningkat tidak membuat orang tua khawatir untuk mengajak anaknya jalan-jalan ke tempat keramaian. Mengingat saat ini mereka mulai terbiasa memakai masker sebagai salah satu upaya mencegah penularan virus corona.

Berdasarkan pemantauan di sejumlah tempat keramaian, mulai dari pasar, pusat perbelanjaan hingga Alun-alun Kudus yang menjadi pusat kota, ditemukan sejumlah orang tua yang membawa anaknya jalan-jalan. Kamal, salah seorang pengunjung di pusat perbelanjaan mengakui sengaja mengajak anaknya jalan-jalan di pusat perbelanjaan karena mereka juga mau memakai masker.

Selamat Idulfitri 2024

“Meskipun usianya masih terbilang kecil, sudah terbiasa memakai masker sehingga tidak masalah ketika harus diajak jalan-jalan,” ujarnya.

Baca juga:  Pemkot Yogyakarta Lakukan Berbagai Antisipasi Hadapi Pemudik

Menurutnya hal terpenting, bisa menjauhkan anaknya dari tempat kerumunan. Mengingat pusat perbelanjaan saat ini juga cenderung sepi.

Ia mengakui kekhawatiran terpapar virus corona memang ada. Namun karena semua anggota keluarganya memakai masker kekhawatiran tersebut sedikit berkurang.

Hal senada juga diungkapkan Kusno ketika mengajak anaknya yang masih berusia empat tahun berjalan-jalan di Alun-alun Kudus. Ia mengakui sempat merasa khawatir ketika mengajak anaknya keluar rumah.

“Sebelumnya memang tidak berani karena kasus Covid-19 baru ramai dan pendeteksiannya juga belum menyeluruh. Untuk saat ini, pemerintah tentunya sudah bekerja maksimal untuk mendeteksi orang-orang yang berpotensi terpapar,” ujarnya.

Baca juga:  Bantul Dipersiapkan Jadi Percontohan Kabupaten Antikorupsi

Meskipun demikian, anaknya ketika diajak keluar juga diwajibkan memakai masker, termasuk dirinya bersama istrinya. Keberadaannya di Alun-alun Kudus hanya sekadar mampir membeli makanan setelah mengirim barang melalui jasa pengiriman barang.

Ia menganggap anak memang rentan terpapar sehingga orang tua juga harus tetap waspada menjaga anaknya jangan sampai terpapar. Meskipun banyak orang tua yang sadar bahwa usia anak rawan terpapar virus corona, namun masih ditemukan banyak orang tua yang abai dengan mengajak anaknya jalan-jalan tanpa memakai masker.

Hal itu, ditemukan di pusat perbelanjaan, pasar tradisional hingga di jalan raya yang padat kendaraan. Terlihat pengendara yang membawa anaknya duduk di depan tanpa memakai masker.

Baca juga:  Tingkatkan Kerja Sama dengan Tiongkok, Pemprov Jateng Tawarkan Sektor Pariwisata

Namun, banyak pula orang tua yang melindungi anaknya dengan memakai masker. Hingga ada yang menambah dengan alat pelindung wajah atau face shield. (ara/fat)