Batang  

Puluhan Anak di Batang Meriahkan HUT RI ke 75

Anak-anak di Desa Karet, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang
Anak-anak di Desa Karet, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang sedang mengikuti lomba makan krupuk dalam rangka HUT RI ke-75. (ANTARA/ JOGLO JATENG)

BATANG – Puluhan anak di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menggelar sejumlah perlombaan dalam rangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia di Lapangan Desa Karet, Kecamatan Bandar, Sabtu.

Ketua Panitia Lomba HUT Ke-75 RI Desa Karet, Waryanto, di Batang, Sabtu, mengatakan pada kegiatan itu, panitia mewajibkan warga yang akan melihat lomba mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun yang telah disediakan di sekitar lokasi lomba.

“Kami mewajibkan warga yang akan melihat lomba harus memakai masker seiring dengan pandemi COVID-19. Bagi yang tidak memakai masker, mereka kita arahkan untuk mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Baca juga:  Tiga Proyek Fisik di Batang Masuki Masa Konstruksi

Sejumlah kegiatan yang akan dilombakan, seperti makan krupuk dengan tangan yang diikat, memecahkan kantong plastik yang berisi air dengan mata tertutup, dan tirakatan (doa selamatan, red.) untuk mendoakan para pejuang yang telah gugur membela bangsa dan negara.

“Kegiatan lomba, kita khususkan pada anak-anak sebagai ajang hiburan sekaligus untuk memeriahkan HUT Ke-75 RI di tengah kondisi pandemi COVID-19,” katanya.

Ia berharap, pandemi COVID-19 yang kini melanda dunia, termasuk di Indonesia dapat secepatnya berakhir agar masyarakat bisa beraktivitas secara lancar dan tidak ada kejadian yang tidak diinginkan bersama.

Baca juga:  Pemkab Batang Targetkan Raih Penghargaan Swasti Saba sebagai Kota Sehat

“Semoga pandemi COVID-19 dapat secepatnya berakhir agar warga bisa hidup damai, rukun, dan perekonomian dapat pulih kembali,” katanya.

Bupati Batang Wihaji mengatakan bahwa pemkab memastikan akan meniadakan karnaval dalam rangkaian perayaan HUT Ke-75 RI sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kerumunan massa.

“Saat ini, kita terus mengantisipasi penyebaran COVID-19 dengan membatasi kegiatan yang bersifat menimbulkan kerumunan pada HUT RI. Saat ini, kita terus menggalakan Zero COVID-19,” katanya.(ara/rds)