Tak Pakai Masker di Pemalang akan Dikenakan Sanksi

warga terjaring petugas tidak pakai masker
PELANGGARAN: Salah satu warga terjaring petugas tidak pakai masker, kemarin. (HUMAS KAB. PEMALANG/ JOGLO JATENG)

PEMALANG – Sejumlah warga kedapatan tak memakai masker pada operasi tim gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP di Jl. Surohadikusumo dan Jl. Kyai Makmur Pemalang, kemarin. Akibatnya, mereka mendapat sanksi berupa kerja sosial, mengucapkan Pancasila dan menyanyikan lagu wajib nasional. Sanksi yang diberikan dalam operasi tersebut sesuai dengan Perbup Nomor 45 Tahun 2020.

Kepala Satpol PP Kabupaten Pemalang, Wahyu Sukarno menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka pemberlakuan Perbup Nomor 45 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Baca juga:  Sekda Pemalang Tekankan Pemenuhan Hak Anak

“Bagi warga yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan Perbup tersebut. Antara lain kerja sosial berupa menyapu halaman, mengambil sampah, dan atau mengucapkan Pancasila serta menyanyikan lagu wajib nasional,” katanya saat memimpin operasi masker.

Terkait dengan hal itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa  memakai masker apabila akan keluar dari rumah. Menurutnya, penyebaran Covid-19 masih terus menjangkiti di Indonesia khususnya di Kabupaten Pemalang.

“Salah satu untuk mencegah penularan Covid-19 yaitu dengan memakai masker, sehingga masyarakat setiap akan keluar rumah wajib menggunakan masker,” ujarnya.

Baca juga:  TMMD Sengkuyung Tahap I Pemalang Targetkan Bangun Jalan Rabat Beton 348 Meter

Wahyu menambahkan, selain wajib memakai masker, masyarakat juga dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan yang lainnya seperti jaga jarak dan rajin cuci tangan. “Serta jaga kesehatan kita dan masyarakat di lingkungan kita masing-masing,” katanya. (hms/gih)