Kudus  

LKP Insan Mandiri Anto’c Cetak Ribuan Perias Profesional

Legimantoro Catur Putra, S.Pd
MEMBERI CONTOH; Direktur utama sekaligus Pimpinan LKP Insan Mandiri Anto’c, Legimantoro Catur Putra, S.Pd memberikan contoh menata rambut pada peserta pelatihan tata rias pengantin di ruang pelatihan miliknya baru-baru ini. (BK/ JOGLO JATENG)

KUDUS – Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Insan Mandiri Anto’c menjadi LKP pilihan di Kabupaten Kudus. Terbukti LKP yang berdiri sejak tahun 1984 ini sudah mencetak sebanyak 3.750 perias profesional yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur utama sekaligus Pimpinan LKP Insan Mandiri Anto’c, Legimantoro Catur Putra, S.Pd mengatakan semenjak berdiri memang bertujuan melatih para perias yang memiliki keseriusan yang sesuai slogan “Bersama Kami Raih Kompetensi Memenangkan Kompetisi”.

“Sudah niat membentuk dan mendidik perias seprofesional mungkin. Terbukti di Kudus sendiri banyak yang lulus dari kami menjadi perias profesional. Bahkan alumni dari sini kami buatkan wadah untuk sebulan sekali ada pertemuan untuk sharing pengalaman dan permasalahan yang mereka hadapi saat ini,” katanya, Senin (14/9/2020).

Bahkan untuk mencetak perias profesional, LKP ini melakukan tes minat bakat bagi peserta pendaftaran. Seperti pada bulan ini hanya mengambil kuota 30 peserta saja. Meskipun pendaftar mencapai 60 orang hanya yang benar-benar serius saja yang diterima.

Baca juga:  Pj Bupati Kudus Harapkan Sinergitas NU dan Pemkab

Maka tak heran, jika lulusan pelatihan LKP Insan Mandiri Anto’c langsung diterima perias-perias top saat melamar kerja. Bahkan ada yang mau menggaji dua kali lipat agar mau bekerja di salah satu rias pengantin terkenal di Kudus.

“Bahkan di Semarang dan kota-kota lain juga. Alhamdulillah kami senang menjadi LKP pilihan pertama untuk lembaga pendidikan dan juga pilihan pertama untuk angkatan kerja. Jadi lulusan kami banyak yang langsung dapat kerja setelah lulus,” ungkapnya.

LKP yang memiliki tiga program unggulan berupa tata rias pengantin, tata kecantikan rambut, dan tata hantaran pengantin ini memang menjadi minat masyarakat yang tidak hanya dari lokal Kudus saja.

Baca juga:  Penuhi Kebutuhan Pengungsi, Polwan Turun ke Dapur Umum

“Jadi lihat programnya dulu. Kalau BLK ya peserta pelatihan dari Kudus. Jika provinsi kebanyakan dari Ungaran. Kalau nasional ada yang dari Sulawesi yang memiliki saudara di sini ya ikut mendaftar,” jelas pria kelahiran Purworejo, 6 Mei 1958 ini.

Sejak menjalankan LKP ini, Legimantoro atau yang akrab dipanggil Anto’c, mengaku banyak prestasi dan penghargaan yang telah diraih. Baik dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Salah satunya, pernah mendapat Juara I Tata Rias Pengantin Solo Modifikasi dalam Pelaksanaan Uji Kompetensi Tata Rias Pengantin & Modern Indonesia (KATALIA) di Sasono Utomo TMII pada 17 April 2013.

Selain itu, juga pernah Juara I Instruktur Kursus Tata Rias Pengantin tingkat Kabupaten Kudus tahun 2014. Mendapatkan Piagam Penghargaan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah sebagai Instruktur Tata Rias Pengantin 2014.

Baca juga:  TK-KB Al Manar Gelar Donor Darah

Memperoleh Sertifikat Kompetensi Pendidik Kursus dan Pelatihan Pendidikan Non Formal dari Dewan Pengurus Daerah Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia (HISPPI) Pendidikan Non Formal Provinsi Jawa Tengah 2014.

Hingga di tahun 2015 juga mendapatkan Sertifikat Training of Trainers Penguji Instruktur Kursus dan Pelatihan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Ini berawal dari cita-cita saya yang ingin berkontribusi pada negara dalam mengurangi pengangguran. Memang tidak mudah, namun orang-orang yang ada di organisasi-organisasi yang dulu saya ikuti seperti Sanggar Seni Drama Manggala, Filatelis, dan lainnya menyambut baik maka terwujudlah cita-cita saya sampai saat ini. Juga Disdikpora Kudus atas arahan dan bimbingannya,” pungkasnya. (rds)