Pati  

Program TMMD Resmi Digelar

program TNI Manunggal Membangun Desa
KERJASAMA: Melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) diharapkan mampu terjalin kerjasama yang apik antara Pemerintah Kabupaten, TNI/Polri dan masyarakat. (HUMAS/ JOGLO JATENG)

PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menjalin kerjasama dengan TNI dan Polri dengan menggelar kegiatan rutin TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). TMMD Tahap III ini digelar di dua desa yaitu Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong dan Desa Payak, Kecamatan Cluwak.

“Pemda juga sudah banyak melakukan kerjasama dengan TNI dan Polres. Semuanya dilakukan dalam rangka memaksimalkan program-program pembangunan yang bersentuhan dengan masyarakat. Dengan adanya TMMD, kami dapat bekerjasama dengan TNI guna membantu kepentingan rakyat utamanya dalam membangun jalan produksi”, ujar Bupati Pati Haryanto saat membuka acara tersebut, kemarin.

Baca juga:  Belum Ada Rencana Perbaikan Drainase di Jalan Puncel-Wedusan

Menurutnya, upaya perbaikan infrastuktur jalanan di Kecamatan Gembong dilakukan agar bisa membuka akses baru. Baik itu akses wisata ataupun akses produksi seperti pertanian, perkebunan, dan agrowisata. Selain itu, jalur ekonomi yang semula tanah kini juga ditingkatkan menjadi jalan betonisasi.

Ia mengakui, dengan adanya program TMMD, pembangunan infrastuktur bisa dikerjakan dengan biaya minimalis namun dengan hasil yang maksimal. Hal ini dikarenakan pembangunan ini melibatkan anggota TNI dan masyarakat setempat.

“Akses jalanan yang dulunya sulit, sekarang sudah mudah karena ada jalur untuk wisata lokal yakni air terjun Kebo Amuk. Kita juga ada wisata yang dikelola oleh PTPN yaitu Kebon Kopi Jollong, yang tahun ini jalurnya kita perbaiki dengan harapan akses berangkat maupun pulang dapat lebih nyaman”, imbuh Haryanto.

Baca juga:  5.000 Petani di Pati Dapat Pupuk Murah

Pada kesematan ini juga dilaksanakan penandatanganan berita acara serta menyerahkan secara simbolis bantuan rehap rumah tidak layak huni. Kemudian penyerahan bantuan sembako, bantuan bibit ikan lele dan masker pada masyarakat Desa Sitiluhur.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya.(hms/akh)