Kudus  

PIONKU, Sarana Baru Promosi Potensi Daerah

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kudus, Revlisianto Subekti
INOVASI: Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kudus, Revlisianto Subekti menunjukkan aplikasi PIONKU yang baru saja dirilis. (KUKUH/ JOGLO JATENG)

KUDUS – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kudus meluncurkan aplikasi PIONKU (Promosi Investasi Online Kudus). Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah promosi potensi Kota Krerek kepada investor.

Kepala DPMPTSP Kudus Revlisianto Subekti menjelaskan, aplikasi PIONKU menyediakan data dan informasi secara lengkap yang dapat dengan mudah diakses oleh publik. Aplikasi yang dapat diunduh dengan gratis di layanan Play Store juga memuat informasi tentang pertanian, pariwisata, perindustrian, perdagangan dan jasa.

Selamat Idulfitri 2024

“Penggguna akplikasi ini akan mendapatkan kemudahan dalam berinvestasi di Kabupaten Kudus,” ujarnya belum lama ini.

Baca juga:  Pasca Banjir, H. Masan Minta Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Ia juga menjelaskan, pengguna layanan PIONKU akan mendapatkan kemudahan untuk mengakses informasi dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) Kudus, karena terintegrasi dengan laman resmi dinas terkait. Lalu, pengguna mendapatkan konten yang bervariasi, seperti foto, video dan informasi secara mendetail.

“Aplikasi PIONKU ini sangatlah inovatif, selain berisi info seputar pelayanan izin di Kabupaten Kudus, juga didukung fitur lainnya yang sangat informatif dan komunikatif,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal DPMPTSP Kudus, Emy Rochmaida menyebutkan, metode promosi yang konvensional seperti pameran dan pembagian brosur dirasa kurang maksimal. Hal ini yang mendasari pembuatan aplikasi PIONKU yang resmi diluncurkan, Selasa (23/11).

Baca juga:  Polres Kudus Bekuk Pelaku Pengganjal Uang di ATM

“Satu jejaring digital akan memberikan gambaran yang lebih komprehensif dan memiliki nilai bagi calon investor,” tambahnya.

Emy optimis dengan inovasi yang dilakukan oleh pihaknya dapat mengembangkan investasi di Kota Kretek. Adanya sarana tersebut dapat mempermudah calon investor untuk mengkases informasi dan layanan tanpa ada batasan jarak dan waktu.

“Terlebih lagi saat ini sedang ada pandemi Covid-19 sehingga sulit untuk mengadakan kegiatan. Harapanya promosi potensi yang ada di Kudus terus berjalan,” tambahnya.

Evaluasi dan penambahan akan dilakukan dilakukan secara berkala guna meningkatkan kepuasan para pengguna. Masyarakat juga dapat meberikan saran dan kritik terkait PIONKU secara langsung melalui kuisioner yang telah disediakan.

Baca juga:  Sambut Libur Lebaran, Obyek Wisata Diminta Bersiap

“Kami juga menyediakan kolom kritik dan saran yang bisa diisi oleh pengguna aplikasi. Tanggapan dari pengguna itu menjadi salah satu bahan kami untuk melakukan evaluasi,” ujar Emy.(akh)