Pelatihan Industri Kreatif Mulai Dilirik

  • Bagikan
Balai Latihan Kerja (BLK) Kudus
FOKUS: Para peserta mengikuti pelatihan yang digelar oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Kudus. (SYAMSUL HADI/ JOGLO JATENG)

KUDUS – Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada di Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi UKM (Disnaker Perinkop UKM) Kudus telah mempersiapkan beberapa program pelatihan industri kreatif. Kepala UPTD BLK, Anggun Nugroho mengatakan, ada 24 paket rencana pelatihan yang ingin diagendakan, yang juga terdapat enam pelatihan baru.

“Kami ingin menarik minat masyarakat. Ya dengan cara itu, mengambil jenis pelatihan yang sedang tren dikalangan sasaran-sasaran kami,” ucapnya, Selasa (29/12).

Ia menjelaskan akan ada enam jenis pelatihan yang baru akan diadakan di 2021. Seperti barista, fotografi dan videografi, memangkas rambut, Make up Artis (MUA). Lalu drafter cad atau menggambar teknik, video editing, dan ukir kayu.

“Untuk ukir kayu itu pelatihan yang sudah lama tidak kami adakan, namun ada permintaan akan diadakannya pelatihan tersebut kembali. Dari 24 jurusan itu hanya enam ini yang baru, lainnya sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Baca juga:  Kantor Disdukcapil Kudus Dilengkapi Tempat Bermain Anak

Pelatihan ini kemungkinan akan dibuka pada pertengahan atau akhir Februari mendatang, dan materi akan dimulai pada bulan Maret. Peserta harus mengumpulkan syarat berupa KTP yang berdomisili Kudus dan tidak sedang dalam pendidikan formal.

“Namun, kami belum bisa memastikan. Soalnya masih menunggu alokasi anggaran, sekaligus belum mendapatkan dokumen anggaran. Juga harus mempersiapkan sarana prasarana dalam pelatihan,” tuturnya.

Jika pelatihan industri kreatif lebih bagus dan bisa maksimal dibanding konvensional. Maka pihaknya akan rutin menggelar program tersebut. Ia melihat potensi industri kreatif dapat berkembang pesat di Kota Kretek.

“Jika lebih maksimal dan berkembang di kreatif, kami akan pindah atau bergeser di bidang pelatihan tersebut,” imbuhnya.(sam/akh)

  • Bagikan