FSB Jadi Gerbang Tekuni Sains-Budaya

  • Bagikan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
BELAJAR: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada penutupan FSB 2021 secara daring yang dipantau di Jakarta, Minggu (21/2). (ANTARA / JOGLO JATENG)

JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan Festival Sains dan Budaya (FSB) 2021 merupakan pintu gerbang bagi siswa dalam menekuni sains dan budaya. Menurutnya, dua hal tersebut tidak boleh ditinggalkan oleh siswa. Perpaduan keduanya memberikan karpet merah bagi bangsa Indonesia agar sejajar dengan negara lain.

“Kalian harus lari sekencang-kencangnya, agar tidak menjadi generasi yang diremehkan dan diasingkan,” ujar Ganjar pada penutupan FSB 2021 secara daring yang dipantau di Jakarta, Minggu (21/2).

Wali Kota Semarang

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Dany Amrul Ichdan mengatakan, festival itu diperlukan untuk membentuk generasi muda yang handal dan berdaya saing serta memiliki karakter kuat yang bisa mengangkat masyarakat setempat. Kehebatan suatu bangsat, lanjutnya, ditentukan kekuatan akhlak, kekuatan karakter sebagai fondasi utamanya.

Baca juga:  Lika-liku Pendidikan Sekolah Luar Biasa

“Oleh karenanya, transfer pengetahuan menjadi faktor penting dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa. Transfer nilai untuk memperkuat karakter anak bangsa juga faktor terpenting,” urai Dany.

FSB merupakan penggabungan program besar antara Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dan Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI). Untuk ISPO, terdapat enam kategori, yakni komputer, biologi, fisika, kimia, lingkungan, dan teknologi. Adapun OSEBI tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya, yakni menulis puisi, menyanyi, tari kreatif, pembacaan puisi, menulis esai, dan menulis cerita singkat. FSB 2021 diselenggarakan pada 19 Februari 2021 hingga 21 Februari 2021. (ara/abu)

Pemalang
  • Bagikan